Tata Luncurkan Bus Kota Listrik Starbus di Auto Expo 2018 India

Bus Kota Listrik Starbus di Auto Expo 2018

Bus Kota Listrik Starbus di Auto Expo 2018 India

Uttar Pradesh, MobilKomersial.com – Tata Motors meluncurkan bus kota listrik Starbus yang berdesain modern di arena pameran otomotif Auto Expo 2018 yang saat ini berlangsung di India. Bus ini diluncurkan untuk merespon rencana Pemerintah India memodernisasi sarana transportasi bus kota melalui program Urban Bus Specifications (UBS-II) yang memberi penugasan kepada pengelola bus kota meningkatkan fitur keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang bus kota.

Menurut skema UBS-II, selain harus meningtkatkan standar kenyamanan dan keselamatan penumpang, armada bus kota yang dioperasikan juga harus ramah kepada penumpang manula dan anak-anak, terutama akses naik dan turun bus. Melalui program ini, Pemerintah India juga mendorong pengoperasian bus kota listrik.

Bus Kota Listrik Starbus di Auto Expo 2018

Bus listrik Tata Starbus Electric merupakan respon serius Tata Motors dalam menyambut program tersebut. Bus ini memiliki dimensi panjang 12 meter dan dirancang sebagai bus low floor yang memudahkan akses penumpang saat naik dan turun dari bus. Untuk pasar India, Tata menghadirkan bus ini dalam versi AC dan non AC.

Baterai lithium-ion bus ditempatkan di bagian atap, termasuk peranti kompresor AC-nya. Tata Motors menyediakan transmisi Automated Manual Transmission (AMT) untuk bus ini. Tersedia juga opsi Starbus dengan atap 900 mm untuk armada bus rapid trans.

Starbus memiliki dimensi panjang 11985 mm, lebar 2600 mm, tinggi 3600 mm dan wheelbase 5930 mm. Overhang depan 2695 mm, overhang belakang 3360 mm dan GVW maksimum 18000 kg. Bus ini dapat dipacu hingga kecepatan maksimum 65 km per jam dengan daya tanjak 17 persen. Torsi tertinggi 200 kW.

Penulis: Ariffandi

Tinggalkan Balasan