BYD dan Marcopolo Luncurkan Bus Listrik 13,2 Meter

BYD dan Marcopolo Luncurkan Bus Listrik 13,2 Meter

BYD dan Marcopolo Luncurkan Bus Listrik 13,2 Meter

MobilKomersial.com– Produsen bus listrik asal China, BYD, mulai memasarkan bus listrik di Brasil. Bekerja sama dengan perusahaan karoseri Marcopolo, BYD meluncurkan bus listrik terbaru D9W dengan bodi buatan Marcopolo akhir pekan lalu di Brasilia, ibukota Brasil.

Bus ini diluncurkan bertepatan dengan perhelatan 8th World Forum on Water di Kota Brasilia. Bersamaan dengan peluncuran bus ini, gubernur distrik Brasilia mengumumkan rencana pemberian subsidi untuk kendaraan listrik yang beroperasi di wilayahnya.

Bus D9W hasil kolaborasi BYD dan Marcopolo ini merupakan tipe bus besar dan memiliki panjang kabin  13,2 meter. Bus ini bertipe low floor yang ramah terhadap lansia dan difabel serta penumpang anak-anak dengan desain streamline dan aerodinamis. Bus menganut setir kiri sesuai aturan di Brasil. Untuk akses naik dan turun penumpang, bus ini dilengkapi dengan 3 akses pintu di sebelah kanan. Masing-masing di bagian depan, tengah dan samping belakang.

Dalam sekali isi, baterainya mampu mendukung bus melaju hingga jarak 300 km. Chasis bus ini diproduksi di pabrik baru BYD di Campinas, yang merupakan kawasan industri di dekat Kota Sao Paolo.

BYD sejak lama mengincar pasar bus listrik di Brasil, dan ambisi ini sudah mereka umumkan sejak tahun 2014. Setahun setelahnya, BYD meneken kerjasama dengan Marcopolo, perusahaan karoseri bus terbesar di Brasil saat ini. BYD sebelumnya sudah lebih dulu memasarkan taksi bertenaga listrik di Brasil dan mendapat sambutan cukup bagus di pasar lokal.

Penulis: ArieffandiBYD dan Marcopolo Luncurkan Bus Listrik 13,2 Meter

Tinggalkan Balasan