E-Vision, Konsep Sedan Listrik dari Tata Hadir di Geneva International Motor Show 2018

E-Vision, Konsep Sedan Listrik dari Tata

MobilKomersial.com — Tata adalah salah satu merek otomotif terbesar di India namun hampir tidak dikenal di tempat lain. Salah satu klaim terbesarnya adalah peluncuran mobil termurah di dunia, the Nano di tahun 2009.

Tata tahu akan membutuhkan kendaraan kelas dunia jika harus dikenali di panggung dunia, jadi baru-baru ini bermitra dengan anak perusahaan Jaguar Land Rover untuk mengembangkan platform modular tingkat lanjut. Disebut OMEGA (Optimal Modular Efficient Global Advanced), platform ini cukup fleksibel untuk membuat kendaraan, mulai dari sedan kompak, hatchback hingga SUV dan bahkan mobil listrik.

Tata menggunakan Expo Auto 2018 bulan lalu di Delhi untuk menghadirkan SUV H5X berbasis OMEGA dan konsep hatchback 45X. Pada ajang Geneva International Motor Show 2018, Tata menghadirkan konsep sedan listrik berbasis OMEGA, yaitu E-Vision. Sepertinya Tata ingin benar-benar bersaing dengan pabrikan lain dalam hal mobil futuristik.

E-Vision mampu akselerasi 0-62 mph di bawah 7,0 detik dan kecepatan tertinggi 124 mph, namun itu hanya perkiraan kasar karena kurangnya rincian data soal itu. Perusahaan juga mengatakan konsep ini dikemas dengan teknologi terbaru di bidang pengisian dan kemampuan self-driving.

Model baru Tata pertama berdasarkan platform OMEGA diperkirakan akan diluncurkan di India pada 2019. Ini kemungkinan akan menjadi versi produksi dari konsep SUV H5X. Tata juga kemungkinan akan meluncurkan versi produksi E-Vision di tahun-tahun berikutnya, namun dengan powertrains konvensional pada awalnya.

Tinggalkan Balasan