Ekspansi Volvo Berbuah Manis dengan Hadirnya Volvo Bus di Transjakarta

Perayaan Volvo FH16 yang ke-1000 dan Volvo B11R yang Pertama untuk BRT di Indonesia

Jakarta, MobilKomersial.com – Pada kurun waktu tahun 1981 hingga 1984, Volvo Bus pertama kali hadir di Indonesia dengan membawa bus kota bertingkat di bawah program akuisisi Kementerian Perhubungan. Seiring berjalannya waktu, Volvo Bus kemudian berkembang menjadi pemasok bus antar kota untuk operasi tambang.

Hingga di era milenia Volvo menjelma menjadi pemimpin pengembangan sistem transportasi. Sebut saja seperti pada Bus Rapid Transit (BRT) sejak sistem pertama dibangun pada akhir tahun 1970an. Volvo menggunakan jajaran kerangka Volvo B8 terbaru, sebuah versi yang disempurnakan dari versi sebelumnya di kategori 7-Liter.

Saat ini Volvo Bus beroperasi pada sistem BRT di lebih dari 20 negara, menggerakkan lebih dari 12 juta penumpang setiap harinya. Volvo saat ini juga menawarkan solusi BRT seperti bus bi-articulated sepanjang 28 meter yang mampu membawa sekitar 300 penumpang.

Country Director of Volvo Buses Indonesia Himawan Dewoto Kunto saat ditemui di pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) awal maret kemarin mengatakan bahwa tawaran BRT terintegrasi dari Volvo tidak hanya mencakup portofolio kendaraan yang komprehensif dengan fleksibilitas tinggi untuk dapat disesuaikan dengan semua desain sistem.

“Namun juga solusi pembiayaan, dukungan aftermarket, kontrak pelayanan, pelatihan teknis dan juga pengemudi, telematika, saran, keahlian, dan lain-lain tergantung pada kebutuhan masing-masing di kota Anda,” ucap Himawan di Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Dengan begitu, Himawan menyesuaikan kendaraan yang bisa diterima di Tanah Air dengan menghadirkan maxibus seri B11R dalam pameran khusus kendaran komersial tersebut. Bus ini dapat menampung hingga 90 penumpang di sepanjang jalur khusus bus di Jakarta. Bus yang sudah diaplikasikan pada Transjakarta itu dilengkapi fitur poros 6×2 dengan suspensi udara penuh, mesin 370 Hp, gearbox otomatis sebesar 6 percepatan penuh yang terpasang dan dilengkapi dengan retarder dan disesuaikan dengan Volvo BRT body works resmi.

“Dengan adanya bus yang modern dan berkualitas tinggi ini, saya yakin akan membawa pengalaman dan tingkat kenyamanan baru bagi para penumpang,” ucap Presiden Direktur Volvo Trucks Indonesia Valery Muyard.

Valery menerangkan, B11R ini solusi kendaraan terlengkap dari sistem transportasi umum jangka panjang yang berkelanjutan. Volvo Bus menawarkan bus kota, bus antarkota dan jarak jauh, serta berbagai layanan yang dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas.

 

Tinggalkan Balasan