Fakta Di Balik Truk Pertamina

Fakta Di Balik Truk Pertamina

MobilKomersial.com- Truk Pertamina terkadang sering kita ketemui saat di jalan raya. Dengan badannya yang besar serta panjang terkadang membuat macet jalan. Apalagi ketika truk tersebut melewati jalan yang terbilang sempit. Kendaraan dibelakangnya terkadang susah untuk menyusul truk besar tersebut.

Lantas, sebenarnya ada apa dengan truk Pertamina tersebut?

  • Dalam Tangki Terdapat Sekat

Ternyata di dalam bentuknya yang besar itu, Truk tangki yang terdiri dari beberapa sekat yang berguna untuk mengangkut berbagai jenis BBM sekaligus. Sekat-sekat tersebut berguna agar BBM yang diangkut tidak tercampur satu sama lain. Selain agar tidak bercampur, sekat tersebut juga berfungsi untuk menghindari kebocoran akibat goncangan dari luar. Jumlah sekat tiap mobil berbeda-beda. Jumlah sekat mulai dari satu hingga lima buah tergantung ukuran mobil.

  • Pengisian BBM Sesuai Permintaan

Setiap truk tangki hanya diisi sesuai dengan pesanan dari tiap-tiap SPBU. Pihak SPBU juga bisa memesan jenis bahan bakar tertentu yang dibutuhkan. Daya tampung tangki mobil Pertamina juga beragam, mulai dari 8.000 liter hingga 40.000 liter.

  • Pengisian BBM bukan di SPBU Lainnya

Walaupun membawa tangki berisi BBM, akan tetapi truk tangki Pertamina juga membutuhkan bahan bakar dalam operasionalnya. Truk pertamina tersebut memiliki tempat khusus yang digunakan untuk pengisian bahan bakar, tidak di tempat SPBU Umum lainnya.

  • Sopir Profesional

Membawa bahan bakar cair yang mudah terbakar tentu hal yang sulit. Untuk membawanya juga harus ekstra hati-hati. Untuk itu diperlukan sopir yang profesional, berpengalaman dan tentunya bersertifikasi.

Untuk diketahui, Mobil tangki Pertamina yang kosong dan tidak membawa BBM hanya boleh dikendarai dengan kecapatan maksimal 60 km/jam, sedangkan saat terisi BBM hanya diperbolehkan membawa truk dengan kecepatan maksimal 40 km/jam.Fakta Di Balik Truk Pertamina Fakta Di Balik Truk Pertamina

Hits: 1298

Tinggalkan Balasan