Kemenhub Berencana Buat Jalur Khusus Bus di Tiga Tol Ini

lajur khusus Bus di tol Jakarta-Cikampek

Jakarta, MobilKomersial.com – Menyusul kebijakan untuk mengatasi kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek sejak 12 Maret 2018, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengkaji rencana penerapan jalur khusus bus di beberapa tol lain. Namun, aturan di tiga tol yakni tol Jagorawi, Depok dan Tangerang tidak semua diterapkan seperti paket kebijakan di tol Jakarta-Cikampek.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa salah satu aturan yang akan diterapkan di ruas tol lain yaitu lajur khusus bus. “Saat ini kami masih melakukan evaluasi kebijakan tersebut (penerapan di Tol Jakarta-Cikampek). Bila hasilnya positif, pengaturan lajur khusus bus akan diterapkan di tol lain,” kata Budi di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (14/3).

Budi menyebut, bersamaan dengan hal itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub sudah melakukan evaluasi pada beberapa ruas tol lain. Ruas tol tersebut yaitu Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), Depok, dan Tangerang. “Nah, ini akan kita evaluasi terlebih dahulu, kalau ternyata berhasil, kita akan terapkan ke tempat lain,” ungkapnya.

Dia menegaskan, Kemenhub melakukan penerapan jalur khusus bus akan dimulai secara bertahap. Beliau akan dilakukan terlebih dahulu di tol Jagorawi dan Tangerang. ” Tol Jagorawi dan Tangerang kita akan lakukan secara prioritas. Katakanlah bulan depan satu tempat, bulan depannya satu tempat lagi,” ujar Budi.

Seperi diketahui, sejak Senin (12/3) lalu Kemenhub telah menerapkan kebijakan penanganan kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Paket kebijakan yang saat ini sedang diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek yaitu pembatasan kendaraan barang golongan III dan seterusnya, ganjil-genap di pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur, serta disediakannya lajur khusus bus di ruas tol tersebut.

Tinggalkan Balasan