Menhub Budi: Jalur Khusus Bus di Tol Jagorawi Akan Diterapkan 2 Minggu Lagi

Menhub Budi: Jalur Khusus Bus di Tol Jagorawi Akan Diterapkan 2 Minggu Lagi

Jakarta, MobilKomersial.com – Setelah menerapkan aturan ganjil genap di Tol Jakarta-Cikampek, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan kebijakan tersebut tidak akan diterapkan di ruas tol Jagorawi. Ia mengatakan, di Tol Jagorawi hanya akan diterapkan kebijakan jalur khusus untuk bus.

Menurut Budi, jalur khusus untuk bus merupakan satu dari tiga kebijakan dalam paket kebijakan mengatasi kemacetan sebelumnya yang telah diterapkan di ruas Tol Bekasi-Cawang. “Ganjil genap dan pembatasan operasional angkutan barang tidak diterapkan di Jagorawi lantaran kondisi lalu lintas di ruas tol Jagorawi belum terlalu padat. Di sana tak ada truk, jadi mungkin dengan memberikan lajur khusus untuk bus,” ujarnya di Mega City Bekasi, Minggu (18/3).

Budi menambahkan, langkah ini ditempuh supaya masyarakat bisa beralih ke angkutan umum. “Berkaitan dengan Jagorawi kita akan lakukan (jalur khusus bus di Jagorawi) paling lama 2 minggu. Kita akan identifikasi dan koordinasi,” pungkasnya.

Sementara, untuk Tol Tangerang, dia mengatakan akan menerapkan tiga paket kebijakan sekaligus seperti halnya Tol Jakarta-Cikampek. Kebijakan itu yakni penyediaan jalur khusus bus, pembatasan operasi truk, dan ganjil genap.

“Tangerang mkita harus diskusikan terlebih dahulu, sedikit agak lama. Di tol Tangerang kita akan melakukan tiga paket ini, truk, penyediaan lajur khusus, dan ketiga membuat ganjil genap,” ucap Budi.

Tinggalkan Balasan