Runner Telematics, Teknologi Baru dari Mitsubishi Fuso untuk Monitor Seluruh Perjalanan Truk

Fuso Fighter sematkan Runner Telematics

MobilKomersial.com – Dengan pilar penjualan Commercial Vehicle (CV), PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) terus memperkenalkan produk-produk kendaraan untuk kebutuhan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat Indonesia. Jajaran produk kendaraan niaga di kelas light dan medium truck dari Mitsubishi Fuso dengan bermacam variannya melengkapi semua kebutuhan niaga di Indonesia mulai dari pertambangan, perkebunan, hingga perdagangan retail.

Bukan hanya itu, teknologi terkini turut dihadirkan pada jajaran truk Fuso guna membantu manajemen operasional truk. Seperti Kendaraan Fuso terbaru yang dikenalkan pada Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, KTB mengenalkan salah fitur terbaru mereka yaitu Runner Telematics (Runner). Semua kendaraan truk Mitsubishi Fuso yang diproduksi sejak Januari 2018 telah dilengkapi fitur Runner Telematics.

Runner Telematics adalah sebuah fitur berupa perangkat keras GPS (Global Posititioning System) tracker yang disematkan di balik dashboard kendaraan truk Mitsubishi Fuso. Fitur standar yang disematkan di setiap kendaraan Mitsubishi Fuso ini memungkinkan konsumen melakukan monitoring kendaraan secara gratis melalui sistem berbasis web dan aplikasi digital sehingga lebih efektif dan efisien. Dengan penyematan GPS tracker tersebut, seluruh data-data perjalanan akan tersimpan dan dapat dibaca oleh konsumen melalui komputer, laptop bahkan lewat aplikasi di ponsel. Dengan begitu sang pemilik truk bisa memantau sekaligus mengatur kendaraan menjadi lebih mudah.

Ada tujuh fungsi Runner Telematics yang dapat membantu konsumen. Ketujuhnya yaitu mengatur operasional truk, memantau langsung kondisi dan posisi truk, mengatur jadwal servis, mengevaluasi kerja sopir, menganalisa bisnis, berkomunikasi lewat call center (021-47899200) untuk bantuan teknis dan darurat, serta memudahkan pengawasan bisnis karena bisa dilakukan menggunakan ponsel.

Fitur ‘job order’

Salah satu fitur Runner Telematics yang paling diandalkan adalah fitur ‘job order’. Dengan fitur ini, konsumen dalam hal ini pemilik truk dapat memantau kinerja kendaraan usaha konsumen, dengan menyediakan informasi berupa perencanaan kerja pengemudi, kendaraan, rute perjalanan serta jangkauan areanya. Fitur ini juga dapat memonitor secara langsung keberadaan lokasi, situasi dan status perjalanan kendaraan. Kemudian konsumen juga dapat mengatur penggunaan & perawatan kendaraan, pengaturan penugasan pengemudi.

Menariknya lagi, Runner bisa memberikan masukan terkait rute termudah dan terpendek yang dapat dilalui untuk mencapai lokasi tujuan. Pemilik tinggal menyampaikan kepada pengemudi rute yang harus dilalui. Dengan begitu, waktu keberangkatan dan waktu tiba kendaraan akan tercatat sehingga bisa menjadi bahan evaluasi.
Bahkan fitur ini dapat memberikan data laporan dan analisa terkait melihat posisi truk yang sedang bekerja maupun tidak beroperasi. Pemilik pun bisa menentukan truk mana saja yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan berikutnya sekaligus rute perjalanan.

Fitur  ‘driver behavior’

Fitur lain yang menjadi keunggulan adalah ‘driver behavior’, di mana gaya mengemudi akan terekam semua dalam Runner Telematics, mulai dari kecepatan tinggi, pengereman mendadak, menikung terlalu tajam dan sebagainya. Kemudian, Runner akan memberi nilai dari cara mengemudi para pengemudi tersebut.

Nilai-nilai tersebutlah yang akan menjadi bahan evaluasi pemilik, para pengemudi mengoperasikan truk benar atau tidak. Penilaian tersebut pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan sang pemilik kendaraan. Misalnya adalah maksimal dari jumlah pengereman mendadak atau kecepatan tertinggi yang boleh diraih oleh pengemudi.

Meski menjadi part resmi seluruh Fuso keluaran Januari 2018, bukan berarti truk Fuso lansiran tahun-tahun sebelumnya tidak bisa menggunakannya. Untuk mendapatkannya, pelanggan cukup datang ke dealer Fuso terdekat, menandatangani beberapa pernyataan dan alat akan dipasangkan langsung oleh dealer.

Tinggalkan Balasan