“Sayangi” Truk Anda dengan Cara Ini!

MobilKomersial.com – Truk atau dump truck telah menjadi andalan berbagai Industri. Kegiatan tersebut membuat truk bekerja dengan jarak tempuh yang cukup jauh dan juga harus mengangkut beban yang berat. Berbagai produsen menghadirkan truk dengan teknologi dan fitur yang canggih guna mempermudah pengoperasian truk serta mempermudah menyelesaikan pekerjaan.

Namun terkadang banyak sekali perusahaan yang mengabaikan perawatan pada truk. Tidak dilakukannya perawatan akan menyebabkan banyak hal atau masalah pada truk, bisa saja terjadi kecelakaan karena kurangnya perhatian pada komponen ataupun kesehatan mesin truk.

Baca juga :
Tips Merawat Mesin Truk
Jangan Isi Truk Dengan Solar Oplosan, Ini Tips Kenali Solar Oplosan
Ingin Jadi Sopir Truk Handal? Ikuti Dulu Tips Ini

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga mesin pada truk. Memang mesin bagian yang cukup penting selain sistem lainnya termasuk sistem hidrolis pada bak. Kebanyakan dump truck membutuhkan perawatan yang lebih karena jam kerja mesin yang berlebihan, menyebabkan perlunya pergantian parts mesin dan komponen lainnya pada dump truck.

Berikut beberapa tips perawatan dump truck untuk menjaga kondisi alat angkut ini tetap nyaman saat digunakan,

  1. Panaskan mesin 3-5 menit sebelum digunakan, hal ini untuk memberikan pelumas maksimal pada seluruh bagian mesin.
  2. Sebelum berkatifitas, sebaiknya lakukan pengecekan bahan bakar pada tangki. Jangan sampai karena dapat menyebabkan kerusakan pada injeksi pump. Sebaiknya isi bahan bakar jika sudah 1/3 dari kapasitas tangki.
  3. Pastikan rutin mengganti oli dan gunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan. Mesin yang sudah dibekali turbocharger berbeda dengan mesin konvensional.
  4. Ganti filter solar secara rutin. Dengan mengganti komponen ini secara rutin maka dapat meminimalkan kotoran yang masuk ke dalam mesin.
  5. Bersihkan air filter dan ganti dengan yang baru jika kondisi sudah tidak laik pakai.
  6. Hindari mematikan mesin secara mendadak. Beberapa dump truk dibekali fitur khusus meskipun kunci kontak mati, namun mesin masih tetap hidup sampai suhu mesin normal kembali.
  7. Hidrolik merupakan komponen vital dari sebuah dump truck. Untuk itulah, dibutuhkan tips perawatan dump truck agar komponen ini dapat bekerja maksimal. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem hidrolis. Bersihkan komponen hidrolis setelah melakukan pekerjaan. Komponen hidrolis yang kotor akan menyebabkan kinerja hidrolis tak maksimal.
  8. Wajib gunakan solar berkualitas. beberapa mesin diesel telah mengusung teknologi yang baru. Beberapa mesin truck akan mati  dan tidak bisa dihidupkan jika kondisi solar tidak bagus dan kotor. Terdapat sensor solar pada mesin dump truck.
  9. Terakhir, cek battery atau accu, kabel – kabel dan busi.

Tinggalkan Balasan