Tarif Turun, Penumpang Bus Premium Royaltrans Meningkat Hingga 200 Persen

Inilah Fasilitas Bus Royaltrans Tambah Kenyamanan Penumpang

Jakarta, MobilKomersial.com – Sejak Kementerian Perhubungan mengumumkan penurunan tarif bus premium Royaltrans menjadi Rp 10 ribu, antusias jumlah penumpang turut mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), jumlah penumpang Royaltrans pada Senin (19/3) mencapai 252 orang. Jumlah ini mengalami kenaikan 219,98% dibandingkan jumlah penumpang pada Senin (12/3) pekan lalu sebanyak 79%.

Sementara itu pada Selasa (20/3), jumlah penumpang bus Royaltrans menjadi 417 pelanggan dibandingkan pada Senin lalu. Juga meningkat 218,32% bila dibandingkan hari yang sama pada pekan lalu, yang jumlah penumpangnya sebanyak 131 orang.

Menurut Kepala Humas PT Transjakarta, Wibowo, sesuai permintaan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, jumlah penumpang bus Royaltrans dengan rute Bekasi-Jakarta mengalami lonjakan penumpang setiap harinya. Dengan lonjakan itu diharapkan akan semakin banyak warga Bekasi yang dapat menggunakan bus premium Royaltrans.

“Tarif Royaltrans turun ikut berpengaruh pada jumlah penumpang Royaltrans. Jumlah penumpangnya naik sekitar 200%,” kata Wibowo, Rabu (21/3/2018).

Wibowo menyebut, sebagai strategi marketing dan menarik penumpang, usulan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) agar operator bus premium menyediakan makanan kecil dan minuman masih dalam kajian. “Usulan diterima. dan Pelaksanaannya masih dalam pertimbangan,” katanya.

Tarif turun

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mengumumkan tarif bus tersebut turun per Senin (19/3) kemarin. Tarif bus yang semula Rp 20 ribu turun menjadi Rp 10 ribu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, penurunan tarif bus dilakukan karena operasional bus saat ini masih belum optimal menyerap minat warga untuk beralih menggunakan bus premium tersebut. “Penerapan kebijakan ganjil-genap selama sepekan memang berjalan lancar. Namun yang belum maksimal yaitu minat warga untuk menggunakan bus. Tercatat masih 30%, dari okupansi yang disediakan,” ujarnya di Mega City Bekasi, Minggu (18/3/2018).

Budi menambahkan, selain tarif bus, tarif parkir untuk penitipan mobil juga ikut turun dari Rp 10 ribu menjadi Rp 5 ribu selama satu hari. “Kebijakan ini akan terus dilakukan sampai evaluasi berikutnya datang,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan