Tips Aman Berkendara Lewati Lintasan Rel Kereta Api

Foto : Istimewa

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Tips Aman Berkendara Lewati Lintasan Rel Kereta Api

Jakarta, MobilKomersial.com – Saat berkendara melintasi rel kereta api, banyak pengendara mobil bahkan motor sering mengalami masalah, yakni kendaraan tiba-tiba mendadak mogok di tengah-tengah lintasan rel. Nah untuk mengatasi hal tersebut, AstraWorld, memberikan beberapa tips aman yang bisa diterapkan saat berkendara melewati perlintasan kereta api. Berikut ulasannya:

  1. Kurangi kecepatan saat akan melalui perlintasan kereta api. Anda juga harus waspada dengan kondisi kanan dan kiri dengan medengarkan suara sirine sebelum melintas. Jika mendengar suara sirine peringatan, usahakan untuk berhenti 25 meter dari perlintasan.

Jangan sampai mencoba-coba menerobos palang kereta api karena merasa masih mampu melintas sebelum kereta lewat. Tindakan semacam ini adalah tindakan nekat yang bisa mengancam nyawa Anda dan pengemudi lain.

  1. Jangan terburu-buru untuk melintas meski kereta sudah lewat. Melintas dengan perlahan dan aman saja, karena lalu lintas baru dibuka kembali.

Saat melintasi perlintasan, sesuaikan putaran mesin dan transmisi kendaran untuk menghindari mesin mati tiba-tiba (engine stall). Anda bisa menghindari roda terjepit dengan memperhatikan arah lintasan roda mobil Anda.

  1. Saat berhenti menunggu kereta lewat, berikan jarak aman antara Anda dan pengguna jalan lain. Hal ini untuk menghindari kejadian di mana mobil di depan Anda mogok tiba-tiba.

  2. Apabila mobil Anda yang mengalami mogok, jangan panik. Segeralah menetralkan transmisi mobil dan dianjurkan untuk membunyikan klakson. Jika tidak memungkinkan, dorong kendaraan menjauhi perlintasan. Mintalah bantuan warga sekitar jika diperlukan.

  3. Selalu disiplin dalam berkendara. Jika Anda terbiasa menaati aturan lalu lintas, maka resiko mengalami kecelakaan seperti yang banyak terjadi di perlintasan kereta api tak akan terjadi. Di samping itu, manfaatkanlah berbagai fitur mobil Anda untuk membantu berkendara dengan aman serta nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.