Volvo Come Back ke Pasar Bus Indonesia Lewat Bus Maxi B11R 6×2

Volvo bus Maxi B11R

MobilKomersial.com – Volvo pernah iktu meramaikan bisnis transportasi di Indonesia lewat kehadiran bus tingkat yang dioperasikan di beberapa kota Tanah Air seperti Jakarta dan Surabaya di era tahun 1981-1984. Saat itu sejumlah bus Volvo yang diimpor langsung dari lyar negeri didatangkan Pemerintah lewat Kementerian Perhubungan untuk moda transportasi massa perkotaan.

Setelah itu, bus Volvo lenyap dari peredaraan. Namun sempat muncul lagi di pertengahan tahun 2000-an lewat kemunculan model chassis bus Volvo B7R yang dioperasikan oleh sejumlah perusahaan otobus (PO) antarkota dan bus pariwisata. Namun, perlahan menghilang karena keterbatasan suku cadang. Kini, Volvo ingin kembali menggarap pasar bus lewat chassis baru Volvo B11R. Ini merupakan tipe chassis bus premium dan untuk pertama kalinya diperkenalkan Volvo ke publik di ajang pameran kendaraan komersial GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 pada 1-4 Maret 2018 kemarin di JCC Senayan, Jakarta.

Bus Volvo B11R ini tampil dalam wujud sudah dengan bodi karoserinya garapan karoseri Laksana, Ungaran, Jawa Tengah, dalam format bus rapid trans (BRT) Transjakarta. Bus ini dilengkapi dengan tiga axle dengan 8 ban. Axle paling belakang merupakan axle auxiliary. Bus yang dipamerkan ini merupakan bus milik operator PT Steady Safe Tbk yang akhir Maret 2018 ini akan memperkuat armada Transkjakara. Total ada 122 unit bus BRT Transjakarta dengan chassis Volvo B11R yang akan dioperasikan.

“Bus BRT Volvo tidak hanya menawarkan portofolio bus yang komprehensif dengan fleksibilitas tinggi untuk beragam desain. Kami juga menyediakan solusi finansial, dukungan purna jual serta kontrak servis, dan pelatihan untuk pengemudi, telematics, sesuai kebutuhan setiap kota,” kata Himawan Dewoto Kunto, Country Director Volvo Buses Indonesia. Di Indonesia, bus Volvo B11R didistribusikan oleh PT Indotruck Utama

Penulis : Arieffandi

Tinggalkan Balasan