BUMN Sediakan 200 Ribu Tiket Mudik Gratis, Yuk Daftar!

Armada bus mudik

Jakarta, MobilKomersial.com – PT Jasa Raharja (Persero) kembali mengkoordinir beberapa BUMN dalam menyelenggarakan mudik gratis masyarakat dan para pengendara sepeda motor untuk Lebaran 2018. Tahun ini kuota mudik gratis ini meningkat drastis.

Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo mengungkapkan untuk 2018, setidaknya ada 200 ribu kursi yang disediakan 55 BUMN untuk penyelenggaraan mudik gratis bagi masyarakat dan para pengendara sepeda motor ini.
Bus mudik Damri juga dilengkapi dengan peralatan keselamatan antara lain CCTV, palu pemecah kaca, alat pemadam api ringan (APAR) beserta panduan tanggap darurat.

Sebelum digunakan untuk angkutan mudik gratis, armada yang dipilih akan dilakukan inspeksi secara menyeluruh serta pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba pada seluruh kru bus.

“Kita tahun ini meningkatkan kuota mudik gratisnya dari yang tahun lalu 118 ribu menjadi 200 ribu di tahun ini. Jumlah ini meningkat 69 persen,” kata Budi di Kementerian BUMN, Selasa (20/3/2018).

Untuk pelaksanaan mudik telah dibentuk Satgas Mudik Sesuai Keputusan Menteri BUMN RI Nomor : SK.30/MBU/01/2018 tentang Pembentukan Satuan Tugas Mudik Gratis Tahun 2018 yang beranggotakan 36 BUMN.

Mudik gratis yang diadakan BUMN ini akan dilayani dengan menggunakan moda transportasi kereta api, bus dan kapal laut. Untuk moda kereta api, setidaknya telah disediakan 7.344 kursi, bus sebanyak 3.633 bus dan kapal laut untuk 13.060 penumpang.

Dijelaskan Budi, kuota ini disediakan untuk berbagai rute di Pulau Jawa dan Sumatera, seperti ke Solo, Yogyakarta, Semarang, Tegal, Surabaya, Lampung, Tegal, Purwokerto dan banyak kota lainnya.

“Untuk pendaftaran kita buka lewat online, lalu nanti verifikasi kita lakukan pada 19 Mei 2018. Jadi yang datang itu sudah bawa datanya dan kita kasih perlengkapan untuk mudiknya,” ujar Budi.

Adapun perlengkapan yang akan didapatkan bagi para pemudik adalah kaus, topi, obat-obatan dan asuransi selama perjalanan. Di perjalanan juga akan disediakan makan gratis serta fasilitas bus dengan tahun pembuatan minimal 2012.

Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan, Jasa Raharja juga akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk melakukan pengujian kelaikan bus dan cek kesehatan pengemudi.

Mengenai jadwal pendaftarannya, untuk mudik gratis menggunakan kereta api dibuka mulai 20-28 Maret 2018 dan menggunakan bus pada 17 April-8 Mei 2018.

 

Sumber : liputan6.com

Tinggalkan Balasan