Canggihnya Sistem Kendali di Suroboyo Bus Bisa Menekan Angka Kecelakaan

Suroboyo Bus (foto : istimewa)

Surabaya, MobilKomersial.com – Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyambut baik keberadaan “Suroboyo Bus” yang dihadirkan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rimaharini di Gedung Siola pada Sabtu (7/4). Dengan hadirnya bus yang memadukan pengumpulan sampah plastik ini bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur itu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad menuturkan, Suroboyo Bus ini aman saat melintas, sebab moda transportasi ini terintegrasi dengan sistem pengaturan lalu lintas jalan. “Jika bus ini melintas, lampu lalu lintas secara otomatis akan berubah menjadi hijau. Pusat kontrolnya ada di Terminal Bratang dan Joyoboyo,” katanya, Minggu (8/4).

Selain itu, bus dengan lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter juga dilengkapi dengan 12 kamera CCTV pada bagian dalam dan 3 kamera CCTV yang disematkan pada bagian luar. Keberadaan kamera-kamera ini untuk memberikan rasa aman bagi penumpang.

“Pintu bus juga dilengkapi sensor sehingga jika ada penumpang yang menghalangi, pintu tidak akan tertutup dan bus tidak akan berjalan,” katanya menjelaskan.

Sistem Keamanan yang canggih

Bus dengan kapasitas 67 orang penumpang ini juga dilengkapi tombol darurat jika terjadi kebakaran atau kecelakaan. “Pengemudi bus dapat menekan tombol dan alarm akan berbunyi, kemudian pintu bus terbuka secara otomatis,” katanya.

Irvan menyebut, bus yang didesain low entry (tinggi pintu masuk yang rendah) ini nyaman dan memiliki berbagai macam manfaat karena ramah untuk penyandang difabel, lansia dan ibu hamil. Pemkot Surabaya telah menyediakan tombol khusus dekat pintu masuk jika ditekan, asisten pengemudi akan membantu penyandang difabel untuk masuk ke dalam bus.

Untuk meminimalkan tindak pelecehan seksual di dalam bus,  Suroboyo Bus dilengkapi dengan handle untuk pegangan penumpang serta warna bangku penumpang untuk laki-laki dan perempuan. Pada bagian depan berwarna merah muda untuk kaum hawa sedangkan bagian belakang berwarna orange untuk laki-laki.

 

Tinggalkan Balasan