Dukung Program Mudik Gratis BUMN, Damri Siapkan 275 Unit Bus Kelas Bisnis dan Eksekutif

Damri Buka Trayek Bandara Soetta-Pandeglang Mulai 1 April

Jakarta, MobilKomersial.com – Dukung program mudik gratis dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perum Damri akan menyediakan sedikitnya 275 unit bus untuk mengangkut puluhan ribu pemudik. Program ini merupakan bagian dari sinergi BUMN dalam menyediakan mudik gratis pada 2018.

“Mudik gratis ini bertujuan untuk mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor ke moda transportasi yang lebih nyaman dan aman seperti dengan menggunakan Bus, Kereta Api atau Kapal Laut. Kegiatan ini juga menjadi upaya dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan,” tutur Direktur Komersil dan Pengembangan Usaha Perum Damri Tatan Rustandi di Jakarta, Rabu (4/4).

Tatan menyebut, Bus-bus itu yang akan digunakan untuk mengangkut 11.036 peserta mudik gratis dikumpulkan oleh 14 BUMN kelas Bisnis dan Eksekutif. Tahun ini Kementerian BUMN menargetkan untuk bisa memberangkatkan 200 ribu pemudik secara gratis. Angka itu meningkat 69,18 persen dibandingkan tahun lalu. “Damri berkontribusi besar dalam program mudik gratis BUMN,” ujarnya.

Rute mudik

Adapaun rute mudik yang disediakan di wilayah Jawa dengan rute antara lain Jakarta menuju ke sejumlah kota seperti Cirebon, Pati, Yogyakarta, Pekalongan, Solo, Semarang, Kediri, Klaten, Cilacap, Madiun, Malang, Surabaya, Purwokerto.

Sedangkan untuk rute keluar Pulau Jawa seperti Bandar Lampung, Medan, Aceh, Makassar, Samarinda, Banjarmasin dan Mataram.

Persyaratan

Cara mendaftar sebagai peserta mudik dapat dilakukan secara online melalui sinergi bersama sejumlah BUMN dalam situs Mudik.jasaraharja.co.id yang dibuka mulai 17 April hingga 8 Mei 2018.

Untuk mendukung perjalanan yang aman dan nyaman, setiap bus diawaki oleh tenaga pengemudi yang cukup berpengalaman dan bersertifikat.

Bus mudik Damri juga dilengkapi dengan peralatan keselamatan antara lain CCTV, palu pemecah kaca, alat pemadam api ringan (APAR) beserta panduan tanggap darurat.

Sebelum digunakan untuk angkutan mudik gratis, armada yang dipilih akan dilakukan inspeksi secara menyeluruh serta pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba pada seluruh kru bus.

1 thought on “Dukung Program Mudik Gratis BUMN, Damri Siapkan 275 Unit Bus Kelas Bisnis dan Eksekutif

Tinggalkan Balasan