Enaknya Naik Suroboyo Bus, Cukup Bayar Pakai Sampah

Hari Ini Kota Surabaya Uji Coba Operasikan Bus low Floor Suroboyo Bus

Surabaya, MobilKomersial.com – Pemerintah Kota Surabaya resmi meluncurkan Suroboyo Bus, bus kota baru yang menjadi sarana transportasi publik untuk warga kota Surabaya yang dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Surabaya, Sabtu (7/4/2018) lalu. Untuk saat ini, bus berkapasitas 67 orang tersebut masih menerapkan pembayaran dengan menukarkan sampah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menerangkan bahwa sistem pembayaran Suroboyo Bus, saat ini memang tukar sampah. Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Tata Ruang Hijau (DKRTH) kota Surabaya, bank sampah, pegiat lingkungan, dan pelayanan maayarakat lainnya.

“Tukar sampah itu saat berada di halte, jadi bukan ada sampah di dalam bus. Setelah sampah diberikan kepada petugas di Halte, maka penumpang akan mendapatkan tiket naik selama 2 jam perjalanan,” jelas Irvan Wahyudrajad, Kepala Dishub Kota Surabaya.

Irvan menambahkan, nantinya akan disediakan bak sampah berukuran besar untuk menampung sampah platik, yang dibayarkan penumpang. “Nilai sampahnya itu memang tidak biasa, karena memang yang paling penting saat ini adalah edukasi kepada masyarakat,” katanya

Kedepannya, lanjut Irvan, mekanisme pembayaran Suroboyo Bus akan menggunakan card pembayaran. Untuk mengisi ulang, masyarakat Surabaya harus menyerahkan sejumlah sampah plastik di bank sampah, yang saat ini jumlahnya sebanyak 231. Nantinya, akan ditukarkan card dan akan mendapatkan top up untuk bisa naik ke Suroboyo Bus.

“Setiap bus sudah ditempeli Near Field Communication (NFC), sehingga waktu membayar hanya perlu menempelkan kartu tersebut. Rencana kami akan membuat kartu khsusus untuk pembayaran Suroboyo bus,” jelas Irvan.

Tinggalkan Balasan