Gelar Operasi Patuh Candi, Polres Tegal Tes Urine Awak Bus di Terminal Adiwerna

Terminal bus tipe A

Tegal, MobilKomersial.com – Polres Tegal gelar operasi Patuh Candi dengan melakukan tes urine untuk para sopir dan awak bus di Terminal Adiwerna Kabupaten Tegal, Jumat (27/4). Langkah ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. ‎Tes urine dilakukan di dalam kompleks terminal.

Satu per satu sopir dan awak bus antar kota dalam propinsi (AKDP) serta bus antar kota antar propinsi (AKAP) diambil urine-nya untuk diperiksa oleh petugas dari Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) dan Satuan Narkoba Polres Tegal. Selain dites urine, kondisi kesehatan mereka juga turut dicek untuk memastikan mereka layak mengendarai kendaraan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tegal AKP Ahmad Ghifar Al Ahfaqhsy mengatakan, tes urine dilakukan sebagai bagian dari Operasi Patuh Candi 2018 yang digelar mulai 26 April hingga 19 Mei mendatang.

“Dalam Operasi Patuh ini, kita Polres Tegal diawali dengan pemeriksaan kepada awak bus, untuk melaksanakan salah satu target yaitu mencegah pengemudi mengendarakan kendaraannya dalam kondisi mabuk, atau dalam kondisi di bawah pengaruh narkoba,” tuturnya.

Sebelumnya di Slawi

Selain di Terminal Adiwerna, lanjut Ghifar, pemeriksaan kesehatan dan tes urine sebelumnya juga sudah dilakukan terhadap sopir dan awak bus yang berada di Terminal Dukuhsalam, Slawi. “‎Sasarannya terutama adalah driver-driver bus,” ucapnya.

Sementara itu pengurus PO Bus Dewi Sri di Terminal Adiwerna, ‎Nasrul, mengaku menyambut baik digelarnya tes urine karena bisa memastikan kepada penumpang terkait kelayakan kondisi sopir. “Memang masa-masa sekarang kan sedang marak masalah narkoba. Dengan adanya ini sopir-sopir menyambut baik, bisa dibuktikan dengan adanya tes urine ini,” ungkapnya.

‎Selain kelayakan kondisi sopir, Nasrul juga menyebut pihak perusahaannya sudah memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan sesuai dengan ketentuan dalam undang-undang. “Dan kenyataannya saat ada operasi, armada kami bisa lolos semua karena memenuhi unsur kedisiplinan‎,” pungkasnya.

 

Sumber :radartegal.com

Tinggalkan Balasan