Hino dan Volkswagen Bikin Aliansi, Siap Produksi Kendaraan Listrik

Hino dan Volkswagen Bikin Aliansi, Siap Produksi Kendaraan Listrik

Hino dan Volkswagen Bikin Aliansi, Siap Produksi Kendaraan Listrik

MobilKomersial.com- Hino Motors dan produsen mobil asal Jerman, Volkswagen, membangun aliansi bisnis kendaraan komersial. Kesepakatan aliansi itu ditandatangani kedua pihak Kamis (12/4/2018) lalu. Dalam aliansi ini, Hino Motors dan Volkswagen sepakat akan memanfaatkan jaringan dan kekuatan produksi kendaraan yang dimiliki masing-masing perusahaan. Volkswagen Truck and Bus tergiur memanfaatkan jaringan penjualan kuat Hino di kawasan Asia, dalam aliansi ini sekaligus mengantisipasi perubahaan besar di peta bisnis kendaraan komersial seperti munculnya kendaraan otonom dan bangkitnya industri otomotif China. Volkswagen Truck and Bus selama ini banyak terfokus pada pasar Eropa dan Amerika Latin. “Industri otomotif kini menghadapi transformasi yang begitu masih,” kata Yoshio Shimo, President & CEO Hino Motors dikutip Nikkei.

Andreas Renschler, Chief Executive of Volkswagen Truck & Bus menegaskan, ikatan kerjasama ini akan banyak menghemat biaya produksi bagi VW dan Hino, termasuk pengehematan di jaringan pemasaran. “Kedua perusahaan sepakat menghadapi tantangan persaingan di industri transportasi dengan membangun aliansi bersama,” ungkap Andreas Renschler. Hino Motors saat ini merupakan anak perusahaan Toyota di mana Toyota Motors Corporation menguasai 50,1 persen saham Hino. Di banyak negara, Toyota menjadi rival kuat VW di pasar kendaraan penumpang.

Hino berharap kerjasama ini membuka peluang bagi Hino dan VW untuk memproduksi kendaraan listrik dan kendaraan otonom. Aliansi ini diharapkan bisa menjadi lompatan besar untuk mewujudkan mimpi tersebut mengingat kompetitor Hino, Daimler, saat ini sudah sukses mengembangkan truk listrik eCanter hasil pengembangan Daimler bersama anak perusahaannya, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation, untuk tipe truk ringan dan akan dikembangkan ke truk tipe lebih besar pada tahun 2020 mendatang.

Aliansi ini juga untuk menghadang ekspansi truk-truk China. Lembaga riset LMC Automotive menyebutkan, lima dari 10 pemain terkuat di bisnis truk medium dan heavy duty di dunia saat ini, adalah perusahaan dari China, termasuk yang kini menduduki peringkat 2 dan 3 data penjualan truk terbanyak. Hino saat ini sudah mengembangkan mesin hybrid diesel namun belum sampai tahap komersialisasi. Sementara, truk otonom saat ini baru tahap pembuatan pilot project.

Penulis: Arieffandi
Hino dan Volkswagen Bikin Aliansi, Siap Produksi Kendaraan Listrik
Hino dan Volkswagen Bikin Aliansi, Siap Produksi Kendaraan Listrik

1 thought on “Hino dan Volkswagen Bikin Aliansi, Siap Produksi Kendaraan Listrik

Tinggalkan Balasan