Kenapa Nitrogen Lebih Baik Untuk Ban ?

Kenapa Nitrogen Lebih Baik Untuk Ban ?

Kenapa Nitrogen Lebih Baik Untuk Ban ?

MobilKomersial.com- Saat akan mengisi BBM di SPBU Pertamina, hampir dapat dipastikan disana ada juga tempat untuk mengisi angin Nitrogen. Adapaun angin Nitrogen yang mereka tawarkan “katanya” lebih awet dan lebih “bagus” dari angin yang bisa dijumpai di tukang tambal ban.

Nitrogen dikatakan lebih bagus daripada angin bisa, lantas, kenapa bisa begitu?

Salah satu alasan yang utama adalah, menjaga temperature ban agar tetap terjaga. Terkadang dalam memacu kendaraan ada saatnya kencang dan ada saatnya pelan. Saat kencang, otomatis temperature ban akan naik. Apalagi disaat kencang dan cuaca sedang panas-panasnya. Dengan Nitrogen, suhu dapat dijaga.

Selain itu,Nitrogen lebih bagus karena tidak mudah keluar dari karet ban. Berbeda dengan gas oksigen yang mudah keluar dari ban meski sedikit demi sedikit. Nitrogen yang biasa didapat dari bengkel atau di SPBU biasanya memiliki kadar oksigen juga, meski kecil. Akan tetapi, gas nitrogen tersebut lebih baik karena tak mudah keluar dari ban. Jadi tingkat kebocorannya pun akan lebih rendah. Sehingga dengan tingkat kebocoran lebih rendah, ban itu akan lebih aman dipakai

“Menggunakan angin Nitrogen dapat membuat ban tetap dingin. Dengan ban yang dingin, maka akan tetap awet. Musuh utama ban itu panas. Kalau panas tinggi, karet menjadi empuk, menjadi lebih cepat kegesek kemudian lapisan di dalam bisa terpisah, sehingga cepat rusak,” ujar Dimas salah satu pemilik toko ban di bilangan Pulo Gadung.

Tinggalkan Balasan