Menhub Budi Mengimbau Maksimalkan Penggunaan Bus

Bus yang Tidak Lolos Uji Kelaikan Dilarang Angkut Pemudik Uji Kelaikan oleh Menhub Budi Karya (foto Tempo)

Jakarta, MobilKomersial.com – Dalam inspeksi mendadak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal Tirtonadi Solo, Minggu (1/4/2018) kemarin, ia menyoroti mengenai skybridge yang menghubungkan Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Solo Balapan.

Budi mengatakan skybridge sepanjang lebih kurang 650 meter ini sangat nyaman dilalui. “Saat sidak, saya jajal jalan dari Terminal Tirtonadi ke Stasiun Solo Balapan melalui skybridge, nyaman sekali,” pungkasnya.

Dalam perjalanan di skybridge, Budi juga bertemu dengan beberapa warga asal Jogja, mau ke Sukoharjo. “Setelah naik KA Prameks dia menggunakan skybridge dan berjalan dengan baik,” kata dia.

Untuk itu, Budi mengimbau, penggunaan bus harus terlebih dahulu dimaksimalkan jika ingin memaksimalkan skybridge. “Busnya harus bagus, pembelian tiket onlinenya harus bagus. Kalau pengguna bus meningkat, otomatis penggunaan skybridge akan meningkat,” tandas Budi.

Sebagai informasi, dalam sidak, Menhub menemukan sejumlah bus tak lain jalan. “Ada yang harus dievaluasi dari busnya karena sudah jelek dan uji kelaikan tidak dilakukan semestinya,”

Sebanyak tiga bus tak laik jalan karena rem tangan yang tidak berfungsi, ban sudah tipis karetnya, hingga perlengkapan bus yang tak lengkap. Dengan begitu, bus-bus tersebut harus menunda beroperasi karena kondisinya seperti itu bisa membahayakan. “Faktor utama adalah keselamatan penumpang. Jika ditemukan bus yang tak laik harus segera dihentikan pengoperasiannya,”.

Tinggalkan Balasan