Perhatikan Selalu Tegangan Pada Aki Kendaraan Anda

Perhatikan Selalu Tegangan Pada Aki Kendaraan Anda 

Perhatikan Selalu Tegangan Pada Aki Kendaraan Anda

MobilKomersial.com – Aki merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Coba bayangkan, bagaimana kendaraan dapat menyala tanpa adanya aki. Untuk itu sangat disarankan untuk mengetahui kondisi aki kendaraan anda MobKomers sekalian, terlebih faktor umur dari aki anda. Karena, banyak faktor yang dapat mempengaruhi panjang pendeknya umur aki.

Pemakaian kendaraan diatas normal, seperti aki pada taksi atau angkutan umum, dan bahkan pemakaian di bawah normal pun, dapat memperpendek umur aki seperti mobil pribadi yang jarang digunakan, sehingga proses pengisian ulang tidak berlangsung optimal.

Selain itu, banyaknya aksesoris di dalam mobil yang memerlukan energi kelistrikan juga dapat memperpendek umur aki. Sebut saja sistem audio, lampu, klakson, alarm, input charger ponsel dan lain sebagainya.

Yang paling penting, anda harus perhatikan kode produksi. Karena waktu yang ideal antara produksi sebuah aki dan pemasangannya di mobil atau motor adalah enam bulan. Jika lebih dari angka tersebut, perlu dicek kembali kelayakan aki atau baterai tersebut.

maintenance Free

Baterai jenis Maintenance Free merupakan baterai yang tidak memerlukan perawatan dan bebas dari resiko tumpahan atau percikan asam elektrolit.

Hal tersebut dikarenakan Aki Yuasa jenis Maintenance Free dirancang untuk pemakaian di berbagai kondisi suhu hingga 50 derajat celcius dan bebas dari gas penyebab korosi, serta bebas perawatan penambahan air aki untuk penggunaan baterai di mobil.

Adapun untuk mencegah memendeknya umur aki atau baterai, dapat diketahui dengan cara pengecekan kesehatan aki dengan menggunakan multi meter. Sebuah alat ukur yang dipakai untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik dan tahanan (resistensi).

Cara mengukurnya, pengukur tegangan baterai harus terbaca antara 12.5 sampai 12.8 volt dengan catatan mesin dalam keadaan mati. Sedangkan bila mengukur dalam keadaan mesin hidup, pengukur tegangan aki berada pada angka 13.5 hingga 14.5 volt.

Perhatikan Selalu Tegangan Pada Aki Kendaraan Anda 
Perhatikan Selalu Tegangan Pada Aki Kendaraan Anda

Tinggalkan Balasan