Perum Damri Siapkan Bus Kelas Bisnis dan Eksekutif untuk Mudik Gratis Lebaran 2018

Saat Mudik Naiklah Bus yang Ada Stiker Kemenhub, bus dengan stiker mudik gratis lebaran 2018
Jakarta, MobilKomersial.com – Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan kembali menyelenggarakan kegiatan mudik gratis untuk masyarakat pada momen mudik Idul Fitri tahun 2018 ini. Ada puluhan BUMN yang akan berpartisipasi di kegiatan mudik gratis ini untuk mengurangi masyarakat yang mudik jauh menggunakan sepeda motor, sehingga perjalanan lebih aman dan nyaman.
Perum Damri misalnya. Untuk mudik Lebaran 2018 ini menyediakan armada bus kelas bisnis berkapasitas 45 penumpang dan kelas eksekutif berkapasitas 40 penumpang. Di acara Melihat dan Merasakan Pengalaman Fasilitas Mudik yang digelar Perum Damri di Kemayoran, Jakarta, Rabu (4/4/2018), bus-bus kelas bisnis yang disiapkan untuk mudik gratis ini berkonfigurasi kursi 2-2 dilengkapi dengan AC dan reclining seat.
Fasilitas lainnya adalah colokan untuk charger ponsel,  Wi-Fi, audio-video, alat pemadam api ringan serta palu pemecah kaca untuk kondisi darurat di jalan. Begitu pula untuk bus kelas eksekutif. Fasilitas yang sama disediakan di bus kelas ini, plus dilengkapi pula dengan toilet. Masing-masing kelas bus menggunakan bus bermesin Mercedes-Benz produksi tahun 2012 sampai tahun 2015.
Perum Damri melakukan ramp check seluruh armadanya yang dikerahkan untuk angkutan mudik gratis ini di pool untuk memastikan aspek kelayakan teknisnya yang mencakup mesin, transmisi, ban, rem, panel instrumen serta lampu-lampu. Khusus untuk kaki-kaki, Perum Damri tidak menggunakan ban vulkanisir untuk armadanya. Semua pengemudi juga mengantongi sertifikat sehingga dipastikan memiliki kualifikasi sebagai pengemudi bus.
“Persiapan armada untuk mudik ini dilakukan atas inisiatif dari Kementerian BUMN dalam rangka memastikan semua BUMN jasa transportasi dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di saat mudik nanti. Damri  akan selalu siap menjalankan arahan tersebut,” kata Tatan Rustandi, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Damri.
Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan