Suroboyo Bus yang Diluncurkan Walikota Surabaya Sabtu Kemarin Beroperasi Mulai Pukul 06.00 WIB

Suroboyo Bus yang Diluncurkan Walikota Surabaya Sabtu Kemarin Beroperasi Mulai Pukul 06.00 WIB

Suroboyo Bus yang Diluncurkan Walikota Surabaya Sabtu Kemarin Beroperasi Mulai Pukul 06.00 WIB

MobilKomersial.com- Bus beroperasi mulai dari arah selatan ke utara (terminal Purabaya hingga Halte Rajawali), begitu pula sebaliknya dari halte Rajawali menuju terminal Purabaya. Bus akan beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 10 malam dilengkapi aplikasi GoBis untuk melihat jadwal kedatangan bus di setiap halte, asal dan tujuan, hingga posisi bus berada.
Bus Suroboyo berkapasitas 67 orang ini memberikan warna kursi penumpang untuk memudahkan khusus perempuan, ibu hamil, lansia, maupun umum. Pada bagian depan berwarna merah muda untuk kaum hawa sedangkan bagian belakang berwarna orange untuk laki-laki. “Pemisahan area tersebut untuk meminimalisir tindak pelecehan seksual di dalam bus,” katanya.
Pemerintah Kota Surabaya akhirnya resmi meluncurkan Bus Suroboyo, bus kota baru yang menjadi sarana transportasi publik untuk warga kota Surabaya yang dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Surabaya, Sabtu (7/4/2018) lalu.
Bus ini memiliki trayek berangkat dari Termina Purabaya di kawasan Waru dengan tujuan akhir Terminal Rajawali di tengah kota Surabaya, pergi pulang. Pemkot Surabaya mengoperasikan bus ini setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 22.00 malam. Pemerintah Kota Surabaya melengkapi bus ini dengan aplikasi GoBis yang membantu penumpang mendapatkan informasi mengenai jadwal kedatangan bus di setiap haltenya, asal bus dan tujuan, serta posisi bus saat melaju di rutenya.
Bus Suroboyo dirancang sebagai bus tipe low floor yang memudahkan penumpang lansia, anak-anak atau penyandang disabilitas untuk naik dan turun dari bus. Pintu bus terdapat di bagian depan dan tengah serta belakang.

Bus ini memiliki dimensi lebar 2,4 meter dengan panjang 12 meter. Kabinnya mampu mengakomodir 67 penumpang.

Khusus untuk area penumpang prioritas seperti kaum perempuan, ibu hamil, lansia diberikan warna khusus pada kursinya. Begitu juga area kabin untuk penumpang umum. Are kabin untuk penumpang perempuan kursinya berwarna merah. Sementara, area penumpang umum, termasuk laki-laki kursinya berwarna oranye. Langkah ini dilakukan untuk mencegah tindak pelecehan seksual di dalam kabin bus denngan dibantu 12 kamera CCTV di dalam kabin bus.
Penulis: AriffandiSuroboyo Bus yang Diluncurkan Walikota Surabaya Sabtu Kemarin Beroperasi Mulai Pukul 06.00 WIB

Tinggalkan Balasan