Truk Pengangkut Hewan Sirkus Kecelakaan di Madrid, Satu Gajah Tewas

Truk Pengangkut Hewan Sirkus Kecelakaan di Madrid, Satu Gajah Tewas

MobilKomersial.com – Seekor gajah dewasa tewas dan empat lainnya luka setelah sebuah truk pengangkut binatang untuk keperluan tontonan sirkus mengalami kecelakaan di sebuah ruas jalan tol yang menghubungkan kota Albacete dan Murcia di bagian selatan Spanyol hari Senin (2/4/2018).
Juru bicara Kepolisian, Albacete Jose Amado mengatakan, truk mengalami selip dan terguling setelah mencoba mendahului kendaraan lain yang melintas searah di lokasi kejadian.
Seekor gajah yang selamat dan megalami luka di kecelakaan ini kemudian dievakuasi petugas yang datang sesaat setelah kejadian menggunakan crane.
Hasil penyelidikan polisi sementara ini menunjukkan truk tersebut mengangkut lima ekor gajah betina. Sopir gagal mengendalikan truk ketika dia mencoba berpindah jalur di jalan tol. Truk kemudian oleng dan celaka. Menurut polisi, sopir truk dalam kondisi selamat. Namun satu ekor gajah betina langsung tewas di tempat. Empat ekor gajah betina yang selamat namun luka kemudian dipindahkan ke balai karantina setempat sebelum kemudian dikirim ke klinik hewan untuk pemeriksaan dan pengobatan.
Tiga diantara gajah ini hanya menderita luka ringan. Satu gajah betina lainnya luka serius. “Satu ekor gajah diperkirakan memiliki bobot 3 sampai 4 ton. Kecelakaan bisa terjadi jika tidak hati-hati,” kata Albacete Jose Amado.
Asosiasi Pengusaha Sirkus yang dikonfirmasi mengatakan, truk yang mengalami celaka telah mendapat status layak jalan oleh pejabat terkait untuk mengangkut binatang.
Juru bicara Asosiasi Pengusaha Sirkus, Ignacio Pedrera menilai, ada pihak yang memanfaatkan insiden kecelakaan ini untuk memojokka industri hiburan sirkus dan mempolitisir inside ini untuk keuntungan mereka. Ignacio Pedrera menilai, kecelakaan semacam ini bisa kapan saja terjadi, dan tak perlu harus melibatkan truk pengangkut hewan sirkus. Pedrera mengatakanm 13 dari 22 perusahaan sirkus aktif di Spanyol menggunakan binatang saat mereka show ke penonton. Total ada sekitar 2.500 binatang yang terlibat di industri ini.
Penulis Arieffandi/SMH

Tinggalkan Balasan