UD Trucks Siap Adopsi Teknologi Baterai Listrik dari Volvo Trucks

Truk listrik Volvo yang baru saja diperkenalkan ke pasar 17 April 2018 lalu.
Tokyo, MobilKomersial.com – UD Trucks, produsen truk asal Jepang siap mengadopsi teknologi baterai truk listrik yang saat ini dimiliki Volvo Trucks, perusahaan induknya. Mengutip Reuters, Rabu (24/4/2018), Volvo Trucks menyatakan siap membagikan teknologi baterai di truk listriknya kepada UD Trucks yang kini menjadi anak usahanya.  Langkah ini dilakukan Volvo Trucks untuk menghemat biaya produksi truk listrik.
Baterai merupakan komponen paling penting di jeroan sebuah truk listrik. Volvo Trucks sendiri sudah sukses mengembangkan teknologi ini melalui pengenalan truk listrik produksinya, pekan lalu, dan siap dipasarkan di Eropa.
Teknologi baterai di truk listrik ini juga akan diberikan Volvo Trucks kepada Mack Trucks, merk truk yang dipasarkan di Amerika Serikat yang saat ini sahamnya juga dimiliki Volvo AB, Swedia.
Dipasang Juga di Bus
Lars Stenqvist, Chief Technology Officer di Volvo Trucks mengatakan, teknologi baterai listrik kelak juga akan dipasang di bus-bus yang akan diproduksi oleh Volvo. “Kami akan mendapatkan manfaat, bisa memproduksi baterai listrk ini dalam jumlah banyak saat kami memutuskan menggunakan komponen yang sama di seluruh merk kendaraan di grup kami,” ungkapnya.
UD Trucks sendiri berencana merilis truk listrik jenis heavy duty, UD Trucks Quon pada tahun 2020 setelah Volvo Trucks mengumumkan jadwal peluncuran truk listrik tipe medium duty di pasar Eropa mulai tahun depan (2019) yang membidik segmen bisnis jasa pengiriman dan angkutan sampah perkotaan. “Karena kami menggunakan teknologi yang sama, kami tidak akan menemukan kesulitas tentang hal ini,” kata Douglas Nakano, Senior Vice President UD Trucks Technology.
Sebelumnya, Daimler AG, pesaing Volvo Trucks, melalui anak perusahaannya, Fuso, sudah lebih dulu merilis truk listrik kelas 7,5 ton di pasar Eropa dan AS serta Jepang dengan nama eCanter.
Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan