Bus Dinas Boleh Dipakai Mudik, MenPAN: Tapi untuk Bus Operasional Saja

bus dinas boleh untuk mudik, bukan mobil

Bus Dinas Boleh Dipakai Mudik, MenPAN: Tapi untuk Bus Operasional Saja

Jakarta, MobilKomersial.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) saat ini tengah mengkaji perizinan menggunakan kendaraan dinas bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama libur Lebaran 2018.

MenPAN-RB, Asman Abnur menyampaikan, kendaraan dinas yang bisa dipakai untuk mudik oleh PNS yakni berupa kendaraan bus dari masing-masing instansi, bukan mobil dinas. Pada peraturan Menpan tahun 2005, PNS dilarang menggunakan kendaraan dinas. Namun, aturan tersebut dinilainya sudah tak sesuai dengan kebutuhan saat ini.

“Nanti kita coba kategorikan, misalnya, kalau pegawai rendah misalnya yang di bawah yang golongan paling bawah, mau pulang pakai motor, di kantor ada bus misalnya, apakah tidak boleh dipakai? Itu saya lihat dulu aturannya,” jelas Asman dikutip Republika, di Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Kurangi mudik motor

Selama cuti lebaran, sambung Asman, penggunaan bus ini dibutuhkan oleh pegawai yang bergolongan rendah dan ingin pulang kampung namun tidak mendapatkan tiket. Selain itu, dengan adanya kendaraan bus ini juga diharapkan akan mengurangi penggunaan sepeda motor selama mudik lebaran. Namun, ia belum dapat memutuskan kapan aturan ini dapat diberlakukan.

“Apakah bus operasional itu bisa dipakai atau tidak, boleh atau tidak. Mudah-mudahan nanti dari segi aturan tidak ada yang dilanggar, nanti saya bolehkan. Tapi khusus untuk bus operasional saja,” ujarnya.

Namun Asman menegaskan, pemerintah tidak akan menanggung beban biaya yang dibutuhkan untuk pegawai yang ingin mudik menggunakan bus. Biaya penggunaan kendaraan bus tersebut ditanggung oleh masing-masing PNS.

 

Editor: Dimas Lombardi

1 thought on “Bus Dinas Boleh Dipakai Mudik, MenPAN: Tapi untuk Bus Operasional Saja

Tinggalkan Balasan