Toyota Mulai Jualan Bus Listrik, Diproduksi 100 Unit untuk Sambut Olimpiade

Tokyo, MobilKomersial.com – Tak mau ketinggalan dengan pabrikan otomotif ternama dunia, Toyota kini juga makin serius menggarap kendaraan listrik untuk segmen komersial.  Toyota kini mulai memasarkan bus listrik Toyota Sora. Sora mulai resmi dipasarkan sejak 7 Maret 2018 dan ditenagai baterai listrik berdaya besar dan menjadi bus listrik pertama di Jepang yang mendapat sertifikasi dari otoritas Jepang untuk dipasarkan. Toyota mengembangkan bus listrik ini berdasarkan teknologi Toyota Fuel Cell System (TFCS) yang sebelumnya dikembangkan untuk mobil listrik Toyota Mirai. Teknologi ini selain menawarkan nol emisi karbon, juga menawarkan kabin yang senyap serta minim vibrasi saat kendaraan melaju.

Toyota Sora

Kabin Toyota Sora menggunakan kursi horisontal dengan fitur bisa melipat langsung saat kursi kursi penumpang tersebut tidak digunakan atau tidak sedang diduduki. Ruang kabin bus menjadi sangat efisien dan memberikan kenyamanan bagi penumpang yang membawa stroller atau kursi roda.

Toyota Sora juga dilengkapi dengan delapan kamera berdefinisi tinggi di bagian kabin dan eksterior bus untuk membantu pengemudi mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda yang melintas di sekitar bus. Saat bus sedang berhenti, sistem akan memberi tahu pengemudi tentang kehadiran pejalan kaki atau pesepeda melalui suara dan gambar.

Bus juga dilengkapi fitur kontrol akselerasi agar penumpang berdiri tidak seperti dikocok saat sopir bus menaikkan kecepatan. Akselerasi bus menjadi lebih lembut sekaligus meningkatkan keamanan.

Bus ini menggunakan desain yang sedikit beda dari desain hexahedron alias desain boxy pada bus bus kota pada umumnya. Lampu depan belakang sudah menggunakan LED agar bus mudah dikenali dari jauh saat melaju. Toyota akan memproduksi Sora sebanyak 100 unit dan akan dioperasikan di Kota Tokyo sekaligus menyambut penyelenggaraan Olimpiade dan Olimpiade Para Penyandang Cacat yang akan digelar pada 2020 di Jepang.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan