Isuzu Siap Hadapi Pemberlakuan Euro 4 untuk Kendaraan Diesel di Indonesia

Isuzu Siap Hadapi Pemberlakuan Euro 4 untuk Kendaraan Diesel di Indonesia

Isuzu Siap Hadapi Pemberlakuan Euro 4 untuk Kendaraan Diesel di Indonesia

Jakarta, MobilKomersial.com – Isuzu Indonesia menyatakan siap dengan rencana Pemerintah memberlakukan ketentuan baru standar emisi gas buang kendaraan untuk mesin diesel dari Euro 2 ke Euro 4 mulai tahun 2021 mendatang. Mengantisipasi hal tersebut, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) telah sejak awal meluncurkan truk medium duty Isuzu Giga dengan mesin berteknologi commonrail.

Isuzu Giga merupakan medium truck pertama di Indonesia yang menggunakan mesin dengan technology heavy duty common rail.

Ernando Demily, Vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengatakan, mesin dengan teknologi common rail ini diadopsi karena peraturan pemerintah mengenai aturan emisi gas buang Euro 4 di Indonesia akan mulai dilakukan tahun 2018 ini untuk kendaraan berbahan bakar bensin, dan tahun 2021 untuk kendaraan bermesin diesel. Hal ini mengacu pada peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV.

‘’Kami senang mendengar hal mengenai (akan diberlakukannya) Euro 4, karena memang kita harus sama- sama mendukung kemajuan negara Indonesia, bahkan negara- negara lain sudah melakukan itu seperti Singapura, Thailand, dan negara lainnya sudah beralih ke Euro4 dan bahkan lebih,” ungkap Ernando Demily.

“Isuzu sudah sangat siap dalam menghadapi regulasi pemerintah mengenai EURO 4, karena kami sudah memiliki engine yang mendukung EURO 4 sejak tahun 2011, yaitu engine Common Rail,’’ sebut Ernando Demily dalam keterangan persnya.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan