Masalah Yang Sering Dialami Pada AC Mobil

Masalah Yang Sering Dialami Pada AC Mobil

Masalah Yang Sering Dialami Pada AC Mobil

Masalah Yang Sering Dialami Pada AC Mobil

Jakarta, MobilKomersial.com – Komponen AC (Air Conditioner) mobil saling mempengaruhi satu sama lain. Misalnya magnetic clutch atau kopling magnet yang sangat berperan menggerakkan putaran kompresor. Jika peranti ini mengalami masalah bahkan rusak, dapat memicu terjadinya gejala abnormal yang kerap diistilahkan demam AC.

Magnetic clutch merupakan komponen yang berfungsi menghantarkan daya gerak dari putaran mesin mobil menuju kompresor AC melalui tali kipas (fan belt), supaya dapat berputar terus menerus mengikuti putaran mesin. Sehingga kompresor dapat menghasilkan tenaga listrik dari medan magnet, untuk menggerakkan motor buat mengalirkan gas freon pada sistem AC mobil.

Menurut dimas, salah satu juragan bengkel AC di bilangan Jakarta Timur, jika AC mobil awalnya sejuk namun mendadak panas kemudian dingin lagi, artinya terjadi masalah di komponen magnetic clutch pada kompresor.

Ciri-ciri magnetic clutch bermasalah dan memicu demam AC, dapat Anda cermati seperti kondisi di bawah ini :

  • Blower dalam kabin tetap hidup, namun embusan angin AC tidak dingin.
  • Pada saat tertentu embusan angin AC mendadak terasa panas dan pengap, dibarengi rpm mesin melonjak tiba-tiba di atas 1.000.
  • Keluhan ini biasanya muncul ketika jalanan macet atau kondisi padat merayap, namun embusan angin AC kembali dingin setelah mobil dapat melaju kencang dan kembali berulang saat bertemu kemacetan lagi. Pada kasus lain, juga ada yang pernah mengalami ketika mobil kencang di tol AC menjadi panas secara tiba-tiba.
  • Terdengar suara gesekan seperti besi beradu, dan kelamaan embusan AC tidak dingin lagi disertai bau gosong.drive

Leave a Reply

Your email address will not be published.