Pembersihan Ruang Bakar Pada Mobil Menggunakan Wealthy Injector & Combustion Chamber Cleaner

image-mobkom-proses-pembersihan-ruang-bakar-dari-wealthy

Foto: Amos Anugrah

(Last Updated On: 19 May 2018)

Proses Pembersihan Ruang Bakar dari Wealthy

Jakarta, MobilKomersial.com – Ketika Anda menginginkan performa mesin mobil kesayangan tetap dan selalu dalam kondisi prima, hal perawatan seperti menjaga kebersihan ruang bakar (combustion chamber) pada mesin kendaraan sangatlah penting dilakukan secara berkala.

Salah satu caranya dengan melakukan tune up mesin secara periodik menggunakan formula khusus, Wealthy Injector & Combustion Chamber Cleaner. Larutan ‘penyegar’ ruang bakar ini sudah banyak beredar di pasaran umum, dan tersedia untuk mesin bensin (petrol) dan diesel.

Untuk proses penyegaran ruang bakar ini, MobilKomersial.com dibantu para teknisi profesional Wealthy, menerapkannya langsung pada Toyota Avanza E 2009 yang jarang melakukan tune up berkala.

Almus, Sales Manager Wealthy, memaparkan tentang cara kerja larutan penyegar ruang bakar dan sistem pengabutan bahan bakar model injeksi ini. Wealthy Injector & Combustion Chamber Cleaner berfungsi membersihkan semua endapan karbon di ruang pembakaran, termasuk membersihkan sistem injeksi multipoin (termasuk sistem karburator) dan injektornya, intake valve (katup hisap bahan bakardan saluran (slang) bahan bakar. Sehingga pembakaran lebih optimal dan power mesin kembali normal seperti sedia kala.

“Biasanya servis ini tersedia di bengkel-bengkel umum dengan ongkos berkisar Rp 350-500 ribu, untuk mesin dengan kapasitas 1.500 cc ke bawah. Namun untuk mesin dengan kapasitas besar (1.500 cc ke atas) budgetnya agak lebih tinggi, antara Rp 400-500 ribu sekali pembersihan. Kalau di bengkel resmi bisa mencapai Rp 700 -800 ribu,” beber Almus.

Bagi yang hobi nge-bengkel dan memiliki perkakas untuk perawatan kendaraan yang cukup komplet, dapat melakoninya sendiri di rumah saat libur atau weekend seperti saat ini. Cukup sediakan injection cleaning tools berikut larutan penyegar Wealthy Injector & Combustion Chamber Cleaner dalam kemasan botol 300 ml.

Simak tahapan proses pembersihan ruang bakar berikut ini :

1. Siapkan injection cleaning tools (ICT) yang merupakan media pembersih yang berkerja sengan sistem pompa hisap.

image-mobkom-proses-pembersihan-ruang-bakar-dari-wealthy
1

2. Untuk mesin kapasitas kecil (1.500 cc ke bawah) cukup gunakan satu botol larutan penyegar ruang bakar Wealthy Injector & Combustion Chamber Cleaner, yang berisi 300 ml formula pembersih khusus. Namun untuk mesin berkapasitas besar (1.500 cc ke atas) dianjurkan dua botol untuk sekali proses pembersihan.

image-mobkom-proses-pembersihan-ruang-bakar-dari-wealthy
2

3.Pasang ICT dengan mengaitkan pegangannya pada tulangan kap mesin. Slang masuk ICT dihubungkan ke kompresor untuk mendapatkan kompresi, kemudian slang keluar ICT disambung ke pipa balik sistem bahan bakar.

image-mobkom-proses-pembersihan-ruang-bakar-dari-wealthy
3

4. Nyalakan mesin dalam kondisi stasioner/idle tanpa digas, kemudian tunggu beberapa saat untuk mencermati kondisi mesin. Jika putaran mesin pincang dan berat bahkan kemudian mati, artinya larutan penyegar Wealthy Injector & Combustion Chamber Cleaner sedang bekerja. Indikator digital akan menunjukkan seberapa besar kompresi yang dibutuhkan untuk membersihkan seluruh bagian pada sistem bahan bakar dan ruang pembakaran. “Indikator semakin tinggi angkanya menandakan kondisi mesin sangat kotor, sehingga kompresi/tekanan cairan pembersihnya harus lebih banyak disemprotkan. Kalau mesin dalam kondisi bersih (standar), kompresi pada indikatornya menunjukkan angka sekitar 2,5-3,5,” jelas Almus sembari menambahkan kalau proses ini butuh waktu antara 15-20 menit.

image-mobkom-proses-pembersihan-ruang-bakar-dari-wealthy
4

Leave a Reply

Your email address will not be published.