Persiapkan Hal Ini Sebelum Berangkat Mudik Menggunakan Mobil

mudik bersama nissan datsun

mudik bersama nissan datsun

MobilKomersial.com – Sekitar dua pekan lagi kita menyambut Hari raya Idul Fitri, alangkah baiknya persiapkan segala sesuatu keperluan Mudik dari sekarang, agar tidak lupa saat berangkat menuju kampung halaman.

Perjalanan mudik biasanya menempuh perjalanan jarak jauh, sehingga mengharuskan pengemudi menyiapkan stamina dan kondisi tubuh. Selain itu, hal yang harus diperhatikan adalah kelengkapan surat-surat seperti SIM dan STNK.

Pastikan juga beberapa hari sebelum berangkat mobil di servis agar nyaman dan aman dalam perjalanan.

Saat anda mudik dengan menggunakan mobil, hal yang perlu diperhatikan adalah perlengkapan dan peralatan emergency untuk menangani problem yang terjadi saat di perjalanan.

Untuk itu jangan lupa persiapkan tool kit dan ban serep. Seringkali pemilik mobil lupa menyiapkan ban cadangan, hal itu sangat merepotkan jika diperjalanan kondisinya tidak ada tambal ban.

Untuk itu ban cadangan pun harus diperhatikan, agar selalu dalam kondisi yang prima. Sebelum dibawa, cek terlebih dahulu tekanan angin ban serep, pastikan sesuai standar yang ditetapkan pabrikan. Anda bisa menggunakan cover ban untuk melindungi ban serep yang ada di kolong dari kotoran.

Selain ban, Tool kit juga wajib dibawa. Tool kit biasanya berisi obeng, dongkrak, kunci roda, dan beberapa peralatan lainnya. Namun tentu saja tidak ada salahnya kalau kita mau melengkapi kehadiran tool kit standar tersebut dengan beberapa perkakas lainnya. Sekaligus sebagai langkah antisipasi bila terjadi kondisi darurat di jalan.

  1. Sekring

Meskipun bentuknya kecil, tapi perangkat ini vital fungsinya. Secara fungsi sekring berfungsi memutus arus listrik jika terjadi kelebihan arus listrik. Sehingga perangkat atau komponen yang dialiri listrik tidak menjadi rusak atau terbakar. Sebaiknya beli dalam jumlah banyak, dengan kapasitas arus yang berbeda-beda.

  1. Kunci sok

Fungsi dari kunci sok adalah agar kepala baut lebih presisi saat dibuka menggunakan kunci roda. Bentuk dari kunci sok seperti selongsong, namun di dalamnya berbentuk sudut segi enam yang berfungsi mencengkeram baut untuk membukanya. Selain itu kunci sok juga bisa mengurangi gesekan berlebih antara kunci roda dan kepala baut, yang bisa menyebabkan kepala baut menjadi slek.

  1. Kunci pas

Tidak ada salahnya menyiapkan berbagai kunci pas di dalam bagasi mobil. Lebih baik lagi bila membeli satu set kunci pas dengan berbagai ukuran. Usahakan membeli kunci pas dengan dua ujung kunci yang berbeda bentuk.

  1. Obeng

Obeng-obeng dengan ukuran mata obeng yang berbeda, sehingga bisa dipergunakan untuk membuka baut apapun yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.