Prassetyo Hardja Berhasil Rebut Dua Podium di Ajang X30 Asia Tenggara

Prassetyo Hardja Berhasil Rebut Dua Podium di Ajang X30 Asia Tenggara

Prassetyo Hardja Berhasil Rebut Dua Podium di Ajang X30 Asia Tenggara

MobilKomersial.com – Pegokar berbakat Indonesia, Prassetyo Hardja, tampil penuh semangat dengan merebut dua podium sekaligus, yakni kelas Super Shifter dan Senior, saat berlaga di ajang X30 Southeast Asia 2018 putaran 2 yang digelar di Sepang International Kart Circuit pada Sabtu dan Minggu (28-29/4).

Di kelas Super Shifter, pemuda yang akrab disapa Prass ini berhasil keluar sebagai juara satu mengalahkan rival-rivalnya yang berasal dari mancanegara, seperti Eshan Pieris dari Sri Lanka di posisi kedua dan Ong Chee Mang dari Malaysia di tempat ketiga. Sementara di kelas Senior, Prass mampu menduduki podium ketiga.

Raihan ini tentu saja disambut baik oleh Prass yang telah mengerahkan seluruh energinya demi menorehkan hasil terbaik untuk Indonesia di kancah internasional. “Saya bersyukur untuk hasil balap hari ini, di mana dua podium berhasil saya raih. Prosesnya pun cukup berat dan cukup melelahkan. Namun dengan hasil yang didapat, saya rasa kerja keras ini telah terbayar lunas,” cerita Prass usai perlombaan.

Menggunakan gear Box

Super Shifter sendiri merupakan kelas di mana gokar yang digunakan memakai gear box dan terdapat tuas persnelingnya—berbeda dengan kelas Senior yang bertransmisi otomatis. Menurut Prass, di kelas Super Shifter ini ia harus lebih fokus dan berkonsentrasi. “Beberapa waktu jelang perlombaan saya berlatih fisik cukup ketat karena di putaran ini saya ikut kelas Super Shifter yang dari spesifikasi gokar cukup berbeda dari kelas Senior. Di Super Shifter saya harus lebih menahan efek G Force, jadi tentu saja memengaruhi ketahanan tubuh.”

Perlawanan Sengit

Sementara saat bertarung di kelas Senior, Prass harus berhadapan dengan beberapa lawan tangguh yang cukup memberikan perlawanan sengit. Mereka adalah Dick Yu dan Royce Yu dari Hongkong, serta Masato Okada dan Takeharu Nakamori dari Jepang. Prass menambahkan, “Kelas Senior persaingannya sangat ketat, terdapat banyak perlawanan terutama di tikungan-tikungan. Hal inilah yang menyebabkan banyak proses salip menyalip terjadi. Namun saya selalu berusaha untuk tetap berada di barisan terdepan dan saya bersyukur karena di kelas ini bisa menempati peringkat ketiga.”

Kesuksesan

Hasil Prass di balapan kali ini kembali menambah daftar kesuksesannya meraih podium pertama di sepanjang tahun 2018 menjadi lima kali. Pebalap yang menuntut ilmu di SMA Kesatuan Bogor ini sebelumnya keluar sebagai juara 1 di ajang X30 Asia Cup 2018 yang digelar di Sri Lanka, juara satu di ajang Rok Cup Asia 2018 putaran 1 yang digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, juara satu di ajang Rotax Asia Max Challenge di Malaysia, serta juara 1 X30 Southeast Asia putaran 1 yang digelar di Singapura awal April silam.

Tinggalkan Balasan