Transjakarta Pesan 10 Unit Bus Listrik Milik PT Mobil Anak Bangsa (MAB)

PT Mobil Anak Bangsa Bawa 2 Unit Prototype Bus Listrik di GIICOMVEC 2018

Transjakarta Pesan 10 Unit Bus Listrik Milik PT Mobil Anak Bangsa (MAB)

Jakarta, MobilKomersial.com – Sukses menarik perhatian pada pameran kendaraan niaga GIICOMVEC beberapa bulan lalu, Bus Listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) akan segera dioperasikan untuk PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Sebanyak 10 unit bus listrik akan disiapkan MAB untuk Transjakarta.

President Director PT Mobil Anak Bangsa Leonard menjelaskan bahwa dalam beberapa bulan ke depan, bus sudah bisa diserahkan kepada pihak Transjakarta untuk dioperasikan di jalur utama.

“Jenis bus yang diproduksi adalah bus tipe low entry seperti bus prototipe 2 MAB yang pernah dipamerkan di Kemayoran dan JCC beberapa saat lalu,” terang Leonard, dikutip Tribunnews, Kamis (17/5).

Menurut Leonard, bus listrik tersebut nantinya akan beroperasi di jalur biasa yang dipakai untuk mengangkut penumpang Transjakarta.

Untuk tahap awal, proses produksi mulai dari chassis hingga pemasangan dilakukan di lingkungan pabrik karoseri New Armada yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.

Tengah diujicoba

Seperti diketahui, sebelumnya MAB sudah ada dua bus prototipe yang kini sudah dimasukkan dalam proses administrasi uji laik jalan di Kementerian Perhubungan dan juga surat rekomendasi uji tipe ke Kementerian Perindustrian. Namun, proses penyelesaian dari dua Kementerian tersebut belum diinformasikan lebih lanjut.

“Mulai hari ini (Kamis 17/5) Prototype 2 Bus Listrik MAB, akan diuji coba sepanjang koridor Transjakarta mulai dari Patung Pemuda sampai Patung Kuda di depan Bank Indonesia,” ucap Leonard menambahkan.

Sementara untuk Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk awal, pihak dari MAB yang akan menyiapkan perangkat charger. Tentunya kerja sama dengan PLN untuk sumber daya listriknya.

“Dengan uji coba hari ini baru bisa kita tentukan di mana akan kita siapkan SPLU. Disesuaikan dengan jam operasional Transjakarta,” terangnya.

Tinggalkan Balasan