UD Trucks Siap Kenalkan Truk Listrik Otonom di Ajang Tokyo Motor Show 2019

Volvo Group Di Indonesia Alami Pertumbuhan 100 Persen, UD Truck Perkenalkan, World Premiere Kuzer Dari UD Truk Menambah Pilihan Di Segmen Light Duty

Tokyo, MobilKomersial.com – UD Trucks, perusahaan otomotif Jepang anak usaha Volvo AB, akan memperkenalkan truk listrik di ajang Tokyo Motor Show 2019 mendatang di Kota Tokyo, Jepang. Pengenalan truk listrik ini merupakan rangkaian dari ambisi UD Trucks memasarkan truk listrik dan truk otonom tahun 2020 mendatang.

Masuknya UD Trucks sebagai pemain kendaraan komersial yang memasarkan truk listrik akan semakin membuat semarak segmen ini lantaran sebelumnya Daimler melalui anak usahanya, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) sudah lebih dulu merilis truk listrik jenis light duty truck, eCanter dan kini sudah diproduksi massal. Induk UD Trucks, Volvo Trucks, juga bersiap memproduksi truk listrik untuk angkutan di kawasan perkotaan.

Baca juga : UD Trucks Kuzer di Pasarkan Perdana di GIICOMVEC 2018

Menurut Bloomberg, keputusan UD Trucks menggarap truk listrik dan otonom dua tahun lagi ini didasari oleh makin sedikitnya pasokan sopir di Jepang. Truk listrik otonom yang akan diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 ini wujudnya masih truk prototipe dan diproyeksikan bisa dilakukan trial oleh konsumen potensial UD Trucks setelah ajang Tokyo Motor Show 2019 selesai, demikian menurut keterangan resmi UD Trucks, hari Senin (7/5/2018).

UD Trucks memproyeksikan truk listrik otonom ini sudah bisa dioperasikan untuk penggunaan harian pada tahun 2020 dan sudah mulai memasuki fase produksi massal pada tahun 2030. “Ada banyak alasan mengapa kendaraan otonom sangat penting buat Jepang. Jepang menghadapi kondisi kritis jika dibandingkan negara lain karena masyarakatnya (yang berusia produktif) banyak yang memasuki usia tua,” kata Douglas Nakano, Senior Vice President UD Trucks dalam sebuah wawancara. “Tujuan dihadirkannya truk otonom adalah untuk menggantikan sopir. Selain itu juga untuk mendukung sopir agar berkendara menjadi lebih aman, truk juga lebih mudah dikemudikan,” imbuhnya.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan