Alasan Kenapa Baut Tap Oli Pada Kendaraan Dapat Rusak

Alasan Kenapa Baut Tap Oli Pada Kendaraan Dapat Rusak

Alasan Kenapa Baut Tap Oli Pada Kendaraan Dapat Rusak

 

MobilKomersial.com- Baut tap untuk pembuangan oli mobil Anda memiliki fungsi yang sangat penting, walaupun seringkali diremehkan. Baut pembuangan oli biasanya berada di bagian bawah atau sisi mesin, bertugas menjaga oli mesin  Anda tidak  mengalir keluar karena efek konstan gravitasi dan tekanan yang dihasilkan di dalam bak mesin

 

Kenapa tiba-tiba baut tap oli motor bisa dol?

Ada beberapa gejala & penyebab yang membuat baut tap oli tidak bisa dikencangkan ketika  di pasang sehabis ganti oli mesin, ini dia sebabnya:

 

  1. Oli rembes dari blog mesin di dekat baut tap oli.
  2. Baut tap oli tidak bisa dikencangkan.
  3. Ulir baut rusak karena pada waktu menutup baut oli posisinya tidak tepat namun tetap dipaksakan.
  4. Ulir dalam pada crankcase rusak karena pada saat memasang baut ada kotoran serbuk besi yang menempel di ulir baut tap oli.
  5. Ulir dalam pada crankcase juga bisa rusak karena pada saat memasang baut tidak menyertakan ring tembaga atau ring tembaga sudah rusak.
  6. Ulir pada crankcase rusak bisa juga terjadi karena moment pengencangan terlalu keras.

 

Bagaimana mencegahnya?

  1. Sudah menjadi keharusan pada saat memasang baut tidak boleh miring.
  2. Bersihkan baut menggunakan bensin dan keringkan dengan lap serta berikan sedikit oli agar pada saat memasang baut lebih mudah.
  3. Pastikan sebelum memasang baut tap oli harus diberi Ring tembaga yang fungsinya agar pada saat pengencangan lebih rapat dan mencegah kerusakan pada
  4. Usahakan jangan terlalu keras saat mengencangkan baut tap oli agar ring oli tidak cepat rusak

 

 Solusi jika baut tap oli sudah terlanjur rusak/dol/aus:

  1. Apabila ulir dalam pada crankcase hanya aus, maka bisa diatasi dengan mengganti baut tap oli dengan ulir yang lebih besar 1 tingkat, untuk hal ini Anda harus membuat ulir baru pada crankcase dengan ukuran yang sesuai dengan baut yang akan di ganti.
  2. Pakai baut tap oli dengan kualitas yang baik seperti Magnetic Oil Drain Plug buatan Wealthy. Baut ini dilengkapi dengan aluminium washer dan magnet yang kuat yang berfungsi untuk menarik serbuk-serbuk besi yang timbul akibat pergesekan pada mesin. Sehingga dapat mencegah masuknya logam berbahaya ke bagian lain pada kendaraan anda. Terbuat dari black anodized alumunium material ini kuat, tahan panas, anti karat dan tidak merusak drat bak oli.

 

Alasan Kenapa Baut Tap Oli Pada Kendaraan Dapat RusakBerikut ini kode-kode  Magnetic Oil Drain Plug buatan Wealthy buat mobil atau motor, seperti tertera pada kemasannya.

  • M12 diameter baut 12′
  • 1.25 mm pitch jarak ulir
  • M12- M13 x 1.25 mm untuk  Toyota, Daihatsu, hingga Suzuki.
  • M14-M15 x1.50 untuk Honda, Mitsubishi, Nissan hingga Ford

Bagi mobil lain atau motor bisa mengikuti.

 

 

Penulis : Adif

Tinggalkan Balasan