Baru 50 Persen, Kemenhub Kejar Ramp Check Bus Hingga 80 Persen Sepekan Kedepan

Kemenhub Tidak Menaikkan Tarif Tiket Bus pada Mudik Lebaran 2018

Jakarta, MobilKomersial.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hingga H-12 lebaran proses kelaikan bus baru mencapai 50 persen. Menhub Budi berupaya mengejar target pemeriksaan kelaikan (ramp check) menjadi 80 persen dalam sepekan ke depan.

“”Ramp check baru 50 persen, saya minta ke Pak Dirjen [Perhubungan Darat] segera meningkatkan pemeriksaan minimal 80 persen,” kata Menhub Budi usai memeriksa kondisi Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Minggu (3/6/2018).

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan ramp check bus untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Tidak bisa beroperasi

Kemenhub mengingatkan, bagi bus yang tidak memiliki surat ramp check, tidak akan bisa beroperasi. Ini dilakukan agar masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman diharapkan tidak menggunakan kendaraan pribadi terutama motor, agar beralih ke kendaraan umum.

“Saya imbau silakan untuk menggunakan angkutan massal, jangan gunakan motor karena tahun lalu 70 persen kecelakaan karena motor selain itu ada mudik gratis juga yang kami sedikan dengan mengunakan kapal laut, kapal itu bisa motornya ikut mudik, dapat doorprize motor kepada mereka yang ingin mudik dari Jakarta,” terangnya.

Terakhir, Budi juga memeriksa harga tiket bus. Berdasarkan hasil bincang-bincang dengan pengguna jasa, tiket bus mengalami kenaikan tidak melebihi 10%. “Tadi saya cek tiket ke Slawi harganya Rp80.000 dan Palembang Rp350.000. Harga tersebut terbilang masih wajar,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan