Bus yang Tidak Lolos Uji Kelaikan Dilarang Angkut Pemudik

Bus yang Tidak Lolos Uji Kelaikan Dilarang Angkut Pemudik Uji Kelaikan oleh Menhub Budi Karya (foto Tempo)

Bus yang Tidak Lolos Uji Kelaikan Dilarang Angkut Pemudik

Jakarta, MobilKomersial.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menindak bus angkutan lebaran yang tidak tidak lulus uji layak jalan atau ramp check. ia telah mengirimkan surat kepada kepolisian untuk melakukan razia bagi PO Bus yang tetap beroperasi.

“Saya sudah kirim surat kepada Kapolres-kapolres melalui Kapolda. Sudah kirim surat kepada Pemda-pemda untuk melakukan razia bagi yang tidak melakukan ramp check tidak boleh beroperasi,” kata Budi saat ditemui di Jakarta, (3/6/2018).

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan ramp check bus untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Budi juga tidak khawatir bila armada bus turut tersisihkan atas keputusan tersebut.

“Apabila uji kelaikan enggak lolos, ya enggak bisa ikut (jalan mudik). Memang bus ini harus ada upaya kita meningkatkan kualitas, agar mereka itu bisa dipercaya masyarakat,” terang Budi.

Di waktu yang sama, Kepala Dishub DKI Jakarta, Andri Yansyah, mengatakan bahwa armada yang tidak lulus uji kelayakan beragam sebabnya. Mulai dari kondisi rem, spion, lampu sen, wiper, hingga roda yang tidak layak. “Jadi banyak unsur keselamatan yang aturannya mengatakan demikian,” ujarnya.

Meskipun demikian, ia mengeaskan, masih ada tenggat waktu hingga H-8 untuk PO memperbaiki kendaraannya. Ia berharap uji kelayakan tersebut bisa diikuti oleh seluruh penyelenggara kendaraan bus mudik, agar keamanan dan keselamatan penumpang bisa terjamin.

“Akan tetapi kalau di tanggal 7, masih kita temukan yang tidak layak, dengan sangat terpaksa kita tidak boleh berangkatkan. Dan mereka harus cari pengganti bus yang memang layak segera,” tegas Andri.

Tinggalkan Balasan