Freightliner Hentikan Penjualan Truk Argosy

Freightliner Hentikan Penjualan Truk Argosy

Sydney, MobilKomersial.com – Freightliner, merk truk bagian dari grup Daimler, memutuskan tidak menjual lagi truk Argosy di pasar Australia, menyusul akan segera dipasarkannya truk terbaru Cascadia di tahun 2020 mendatang.
Freightliner Australia akan memproduksi stok terakhir truk Argosy sejak truk ini pertama kali diperkenalkan di market Australia pada tahun 1999. Truk Freightliner Argosy cukup bagus penjualannya di Australia, bersaing dengan truk-truk heavy duty dari pabrikan truk Eropa lainnya seperti Volvo dan Scania.
Truk Freightliner Cascadia akan resmi diluncurkan tahun 2020. Sebelumnya, Freightliner sudah lebih dulu menghentikan penjualan truk Argosy di pasar Amerika Serikat sejak 2004 dan di Afrika Selatan sejak 2014. Karena itu, Australia bersama New Zealand menjadi pasar terakhir bagi truk ini dalam satu-dua tahun ke depan.
Selama dipasarkan di Australia, Freightliner melakukan sejumlah pembaruan pada truk Argosy untuk memenuhi permintaan dan masukan konsumen.  Satu diantaranya perubahan pada kulit dasbor, serta fitur pijakan kaki otomatis yang dibuat lebih tangguh serta dipasangnya fitur baru blind-spot monitoring system.
Penyempurnaan terkini pada Freightliner Argosy khusus untuk pasar Australia adalah disematkanya transmisi dengan fitur penurun kecepatan (down-speeding) Eaton Ultrashift yang dikombinasikan dengan mesin Detroit DD15. Transmisi ini membuat truk Freightliner Argosy lebih hemat bahan bakar dan membuat konsumen truk di Australia tetap mengandalkan truk Argosy untuk penambahan atau peremajaan armadanya sembari menunggu rilisnya truk terbaru Freightliner Cascadia.
Freightliner Cascadia saat ini sudah lebih dulu dipasarkan di Amerika Serikat dan menjadi salah satu truk terlaris di sana. Nantinya, truk Cascadia yang akan dipasarkan di Australia adalah versi setir kanan.
“Selama dua dekade, Argosy menjadi truk yang Freightliner yang fantastis. Kita akan segera mengucapkan selamat tinggal kepada truk ini dan menyampaikan selamat datang kepada truk Cascadia yang akan menjadi era baru bagi bisnis truk Freightliner di Australia,” ungkap Direktur Freightliner Australia, Stephen Downes.
Freightliner Argosy di Australia dijual dalam pilihan konfigurasi 6×4 dan 8×4 dengan pilihan sleeper cab ukuran 90-inch, 101-inch dan 110-inch mid-roof, serta 110-inch raised-roof.
Pilihan mesinnya tersedia dalam versi mesin diesel Detroit 15.000 cc DD15 bertenaga 560 horse power dan torsi maksimum 2.508 Nm. Tersedia juga dalam versi mesin diesel Cummins dengan opsi seri ISX, Signature dan X15e5 dengan tenaga maksimum 600 horse power dan torsi maksimum 2.779 Nm.
Penulis: Ariefandi

Tinggalkan Balasan