Jumlah Pesanan Bus Pariwisata Alami Peningkatan

Jakarta, MobilKomersial.com – Setiap tahunnya, jumlah pemudik mengalami peningkatan. Hal itu juga berbanding lurus dengan jumlah armada yang tersedia seperti kereta api, bus hingga pesawat. Pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan juga telah melakukan antisipasi dengan menambah persediaan arada angkutan lebaran.

Dengan membludaknya jumlah pemudik Lebaran tahun ini, perusahaan jasa penyewaan bus pariwisata juga mendapat berkah dari periode Ramadhan dan jelang Lebaran kali ini.

Pesanan meningkat

Para pelaku transportasi darat ini mendapat pesanan yang meningkat untuk mudik Lebaran tahun ini.

Salah satunya adalah PT Hiba Utama (Hiba Group). Perusahaan yang khusus menyediakan sewa kendaraan dan bus ini mengklaim kebanjiran pesanan selama periode Ramadan ini, terutama untuk urusan mudik Lebaran ke daerah Jawa Tengah.

Saiful Anwari, General Manager Marketing and Operational Hiba Group mengatakan, pesanan armada Hiba Group selama periode Ramadan kali ini tumbuh antara 15% sampai 20% dibanding bulan-bulan biasanya.

“Sejauh ini, permintaan armada kami cukup signifikan,” katanya, Senin (11/6/2018).

Dia proyeksi, jika ditambah dengan periode libur Lebaran plus sekolah yang bersamaan, bakal ada pertumbuhan pendapatan yang besarnya antara 25%–30%.

Sayang, ia tidak bersedia membeberkan besaran target pendapatan di periode itu.

Pemain lain PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) juga mengalami hal serupa.

Menurut Tiodora Bonardy, Direktur Penjualan dan Pemasaran White Horse Grup ada lonjakan permintaan bus untuk perjalanan mudik tahun ini sebesar 25% dari tahun sebelumnya.

“Sejauh ini animo pasar cukup besar,” katanya kepada Kontan.co.id.

Kondisi ini terlihat dari penjualan tiket mudik bus WEHA ke Jawa Tengah atau Jawa Timur di beberapa portal e-commerce seperti Traveloka, Loket.com, online booking White Horse dan Day Trans.

Pihaknya mengerahkan seluruh armada White Horse. Sayang, Tiodora tidak merinci besarannya.

 

Sumber : kontan

Hits: 419