Perth Australia Kini Sudah Ada Bus Otonom RAC Intellibus

Perth Australia Kini Sudah Ada Bus Otonom RAC Intellibus

RAC Intellibus

(Last Updated On: 5 June 2018)

Perth Australia Kini Sudah Ada Bus Otonom RAC Intellibus

MobilKomersial.com Perkembangan armada bus berkembang pesat. Bus sendiri merupakan kendaraan komersial yang besar dan dibutuhkan ketika akan melakukan perjalanan jauh. Selain itu keberadaan bus juga dapat mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya pada umumnya.

Belum lama ini di South Perth, Australia telah melakukan uji coba bus tanpa pengumdi (otonom) yang diberi nama RAC Intellibus. Hanya yang menarik, bus ini terbilang kecil dan mempunyai kapasitas penumpang 11 orang dengan kecepatan rata-rata 25km/jam. Rute yang di laluinya pun cukup singkat yaitu dari Old Mill menuju ke taman Sir James Mitchell yang hanya membutuhkan jarak sekitar 6,4 kilometer dari pusat kota (Perth)

Selain teknologi otonom, teknologi yang disematkan pada bus ini adalah deteksi sensor penjaga jarak (LIDAR) yang menggunakan cahaya matahari untuk pemetaan kondisi di sekitar kendaraan dan mengukur jarak. Bus ini dilengkapi dengan GPS, Rem Darurat, dan Odometer.

Bus ini menggunakan tenaga listrik driverless yang dibeli dari Navya Tech dengan harga 250 ribu dolar Australia atau setara dengan Rp. 2,5 miliar rupiah.

Kapan ya di Indonesia ada Bus Otonom?

Leave a Reply

Your email address will not be published.