Sebanyak 700 Angkutan Lebaran di Jawa Barat Tak Laik Jalan

Saat Mudik Naiklah Bus yang Ada Stiker Kemenhub, bus dengan stiker mudik gratis lebaran 2018

Sebanyak 700 Angkutan Lebaran di Jawa Barat Tak Laik Jalan

Bandung, MobilKomersial.com – Menjelang arus mudik Lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat telah mengecek angkutan lebaran sebanyak 2.600 armada. Hingga puncaknya, Dishub Jabar menargetkan akan memeriksa 4 ribu armada bus di seluruh Kota Kabupaten.

Dari 2.600 unit bus, sebanyak 700 armada di antaranya dinyatakan tidak laik jalan. Dishub meminta perusahaan yang bersangkutan segera melakukan perbaikan. “Ada bus yang tidak laik jalan, sekitar 700an armada,” kata Kepala Humas Dishub Jabar, Juddi Kadar Laksana saat ditemui disela pemeriksaan kendaraan di terminal Cicaheum, Kota Bandung, Selasa (5/6)

Terkait pemeriksaan bus, Juddi Kadar mengatakan bahwa pengecekan meliputi fisik kendaraan sampai kelengkapan suratnya. Jika keadaannya sudah parah, maka kendaraan harus dikandangkan.

“Yang rusak tidak boleh beroperasi apalagi menarik penumpang,” tegasnya.

Pada prinsipnya, kendaraan yang tak laik masih bisa beroperasi, hanya saja dengan beberapa syarat. Salah satunya, pihak perusahaan harus memperbaiki sesuai ketentuan.

Sebaliknya, jika kendaraan masuk kategori laik, maka, Dishub memberikan tanda berupa stiker khusus. Itu dilakukan agar masyarakat tahu mana bus yang aman dan tidak.

Untuk pengawasan kendaraan yang tak berstiker, kata dia, akan diawasi oleh Posko yang ada di Kota/Kabupaten secaraberkelanjutan melakukan pemeriksaan. Selain memeriksa kendaraan, Dishub Jabar juga melibatkan BNN untuk melakukan pemeriksaan urine semua supir bus.

“Jadi nanti penumpang lihat dulu buahnya ada stiker dari Dishubnya atau tidak,” katanya

“Kami akan lakukan pemeriksaan armada bus sampai nanti musim arus balik,” tuturnya.

 

Sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan