Berkendara Larut Malam? Siapa Takut! Siap Hal-hal Berikut Agar Tetap Aman

Jakarta,  MobilKomersial.com – Berkendara malam atau night driving hari tak hanya butuh skill berkendara, tetapi juga kesiapan dan kelengkapan ekstra. Terutama karena biasanya kondisi tubuh dan konsentrasi sudah menurun. Agar perjalanan malam Anda aman dan nyaman, ada beberapa hal yang mesti Anda  persiapkan.

Tools & Gadget

Pastikan membawa emergency tools atau perlengkapan darurat kendaraan lengkap. Seperti kabel jumper, baterai dan P3K. Jangan lupa bekali diri dengan teknologi untuk keselamatan, minimal handphone dan GPS. Jadi kalau menghadapi situasi darurat, bisa memanggil bantuan dengan lebih mudah dan baik. Komunikasi lancar, minimalkan tersesat dan paham posisi dengan presisi saat memanggil bantuan.

Baca juga : Menghindari Mesin Diesel Masuk Angin

Cahaya

Pada saat berkendara hindari cahaya lampu yang menyilaukan dari kendaraan lawan arah. Usahakan mata tidak menatap langsung, menghindar dengan menatap ke bawah dan mengurangi kecepatan hingga mobil yang menyilaukan lewat. Jika cahaya datangnya dari arah belakang, atur kaca spion agar cahaya tidak memantulkan cahaya langsung ke mata.

Lampu

Lampu adalah peralatan vital saat berkendara malam. Pastikan lampu depan, lampu rem, lampu sein dalam kondisi baik dan menyala. Lampu kabut, matikan apabila mengemudi malam biasa. Lampu ini akan bekerja  efektif dalam keadaan berkabut. Saat biasa intensitasnya bisa menyilaukan pengendara lain.

Obat

Tetap siaga, jaga kondisi tubuh dan konsentrasi. Hindari minum obat yang membuat Anda  mengantuk. Kalau sakit, lebih baik tidak mengemudi. Berhenti dan istirahat kalau mengantuk. Penelitian memang menunjukkan bahwa minum dua cangkir kopi dapat mencegah ngantuk, tapi hanya sampai satu jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.