Buka Akses ke Bandara Kertajati, Damri Layani 4 Kota Terdekat

Buka Akses ke Bandara Kertajati, Damri Layani Akses 4 Kota Terdekat (foto : Istimewa)

Majalengka, MobilKomersial.com – Perum Damri membuka layanan dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Integrasi Damri dan BIJB ini pada tahap awal, baru melayani penumpang dari wilayah Bandung, Cirebon, Kuningan, dan Cikarang yang ingin ke Kertajati atau arah sebaliknya.

 

“Kami Damri di sini hadir untuk support langsung Bandara Kertajati. Karena kita ketahui, airport itu sebenarnya tidak seharusnya menjadi titik kemacetan, tapi solusi kemacetan agar bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang saat ini sudah terlalu tinggi,” pungkas Direktur Utama Perum Damri Setia N Milatia Moemin, dalam sambutan peresmian rute baru Damri, Selasa (5/6/2018).

 

Dia menambahkan, Bandara bertaraf internasional itu perlu didukung dengan berbagai moda transportasi untuk menunjang aksesibilitas di dalamnya. Sebelum hadirnya kereta api, Damri memulai inisiatif melakukan pelayanan kepada masyarakat.‎

 

“‎‎Kita sekarang sedang membenahi agar level off service yang dulu dimiliki, kini bisa kami lakukan lebih baik lagi,” jelasnya.

 

Lebih jauh Setia menjelaskan, jurusan Bandung dan Cirebon merupakan pangsa pasar yang cukup besar menjadi pengguna transportasi udara.

 

Adapun untuk titik keberangkatan dari Bandung, bus berangkat dari Kebon Kawung via tol Cipali langsung ke Kertajati. Sedangkan, dari Cirebon, bus berangkat dari Terminal Harjamukti. “Waktu pemberangkatan akan menyesuaikan dengan jadwal penerbangan,” tambah Setia.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik menuturkan, ‎hadirnya Damri dari dan ke Kertajati memang untuk memudahkan konektivitas. ‎”Damri yang masuk adalah bentuk kolaborasi. Kita selaku regulator akan mempermudah segala-galanya. Mau dari mana, ke mana, kita berikan. Karena koneksi harus jelas,” ujar Dedi.

 

Dia berharap dibukanya layanan Damri rute Kertajati ke berbagai daerah menjadi trigger pengusaha bus lain. Sebab, Bandara Kertajati akan melayani sekitar 5,6 juta penumpang ‎per tahun.

 

Terintegrasi

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BIJB, Virda menjelaskan bahwa dengan hadirnya Damri ini menjadi solusi terintegrasinya Bandara Kertajati dengan masyarakat di berbagai daerah di Jawa Barat yang ingin menggunakan pesawat. “‎Kami pihak bandara sangat bersyukur, Damri akan mempermudah penumpang datang ke sini dan keluar setelah penerbangan,” ujarnya.

 

Menurutnya, untuk menuju Bandara Kertajati, Tol Cipali masih menjadi andalan masyarakat. Tol terpanjang di Indonesia saat ini mengakomodir masyarakat Bandung Raya, Purwakarta , Subang serta Bogor dan sekitarnya. Hadirnya Tol Cisumdawu pada 2020 tentu akan semakin mempermudah masyarakat di selatan Jawa Barat menuju Kertajati.

 

“‎Selanjutnya hadirnya Tol Cisumdawu tahun 2020 bisa mempermudah masyarakat ke Kertajati. Tol Cipali juga sudah tersambung ke Brebes, jadi catch penumpang dari Jawa Tengah juga bisa ke sini,” pungkas Virda.

Tarif

 

Mengenai jadwal keberangkatan, bus Damri tersebut menyesuaikan jadwal penerbangan pesawat. “Ada konternya, penumpang tinggal mendaftar,” kata Virda.

 

Pemberangkatan dari Bandung dari Pool Damri di Kebun Kawung dengan tarif 75 ribu per penumpang. Selanjutnya dari Terminal Harjamukti di Cirebon dengan tarif Rp 40 ribu per penumpang juga via tol Cipali. Dari Terminal Kuningan melalui tol Ciperna dan Cipali dengan tarif Rp 50 ribu. Damri juga membuka layanan dari Cikarang via tol Cikampek dan Cipali dengan tarif Rp 60 ribu.

Tinggalkan Balasan