Bus Perkasa Karya Anak Bangsa Yang Hanya Tinggal Kenangan

Bus Perkasa Karya Anak Bangsa Yang Hanya Tinggal Kenangan

Bus Perkasa Karya Anak Bangsa Yang Hanya Tinggal Kenangan

 

MobilKomersial.com- PT Wahana Perkasa Auto Jaya, anak perusahaan grup Texmaco pernah membuat chassis yang keren juga loh. Chassis bus ini buatan Indonesia asli. PT Wahana Perkasa Auto Jaya ini memproduksi bus di tahun 2001, setelah memproduksi truk dengan nama sama, yakni Perkasa, di tahun 1999. Bus Perkasa memiliki tiga tipe mesin. Mesin depan dengan kode seri B07A, mesin belakang dengan kode seri B08B dan B08BI. Untuk kode seri B08BI, mesinnya telah dilengkapi turbo intercooler.

 

Perkasa, produsen bus dan truk ini memiliki prestasi yang cukup membanggakan. Selain memasok kendaraan angkut bagi TNI dalam jumlah besar, Perkasa pernah mengekspor bus sejumlah 100 unit ke Arab Saudi pada tahun 2003.  Selain itu Bus Perkasa sebelumnya juga berhasil mengekspor 500 unit kendaraan produksinya ke berbagai negara di kawasan Asia. Sebuah bukti bahwa produk anak bangsa ini telah diakui oleh banyak pihak diluar sana.

 

Perusahaan otobus yang menggunakan chasis dan mesin Perkasa ini tidak banyak. PO Sumber Alam salah satunya. Perusahaan otobus yang berkantor pusat di Kutoarjo, Jawa Tengah, sampai saat ini masih menggunakan armada bus Perkasa untuk operasionalnya.
PO Sumber Alam memiliki armada bus Perkasa sebanyak 20 unit, yang 11 unit bermesin depan dan 9 unit bermesin belakang. Salah satunya adalah bus dengan nomor kode seri 406225 dan 406227.

 

Terlepas dari berbagai kelebihan dan kekurangannya sebagai hasil karya orang Indonesia, bus Perkasa sebenarnya layak untuk dipertahankan karena sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, baik dari sisi produsen sebagai industri yang menyerap banyak tenaga kerja, juga bagi konsumen yang membutuhkan sarana transportasi yang memadai.

 

Sayangnya, Perkasa tidak lagi memproduksi bus dan truk akibat konspirasi politik dari pejabat dalam negeri dan pihak asing yang merasa kepentingannya akan terganggu akibat kesuksesan dari Perkasa ini. Miris sungguh miris, kemandirian anak bangsa dijegal demi sebuah kepentingan segelintir pihak dan asing.

Tinggalkan Balasan