Ratusan Bus Sekolah Akan Didistribusikan ke Sejumlah Daerah untuk Mobilisasi Pelajar

Rute-rute Perjalanan Bus Sekolah di Bogor Segera Dibahas Pemkot

Semarang, MobilKomersial.com – Selama tahun 2018, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mendistribusikan ratusan bus sekolah ke seluruh Provinsi di tanah air. Sedikitnya 180 unit unit bus sekolah nantinya sebagai penunjang transportasi pelajar dan mahasiswa di sejumlah kota ataupun kabupaten.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menuturkan, selain sekolah, moda transportasi ini juga sangat dibutuhkan oleh perguruan tinggi dalam mendukung mobilitas mahasiswa.

“Harapannya, bulan September nanti sudah bisa didistribusikan ke daerah,” kata Budi saat melihat proses pembuatan Bus Sekolah ini di Karoseri Laksana, Kabupaten Semarang, Jumat (20/7/2018).

Menurut Budi, bus tersebut juga merupakan bagian dari program pengadaan bus berstandar bus rapid transit (BRT). Pada tahun 2019 nanti pemerintah juga menargetkan untuk menambah pengadaan BRT dan bus sekolah. Ditargetkan, penambahan bisa mencapai 400 unit. Kemenhub juga segera mendistribusikan 240 unit bus berstandar BRT ke berbagai daerah di tanah air.

Mengenai pembuatan bus, pihaknya tidak terpaku hanya Karoseri Laksana tetapi juga di sejumlah karoseri lainnya. Di antaranya Karoseri New Armada di Kota Magelang, Karoseri Tentrem di Malang serta Karoseri Restu Ibu di Bogor.

Khusus untuk Karoseri Laksana akan mengerjakan sebanyak 90 unit yang terdiri atas armada Bus Sekolah dan BRT.

Tinggalkan Balasan