Sambut Asian Games, 100 Bus Di-branding Wonderful Indonesia

Wonderful Indonesia

Jakarta, MobilKomersial.com – Branding ‘Wonderful Indonesia’ dengan menyematkan stiker bergambar keindahan objek wisata Indonesia kini menghiasi badan bus pada 64 unit armada bus Transjakarta yang melayani kebutuhan transportasi warga DKI Jakarta, khususnya di koridor 1 rute Blok M-Harmoni.

Branding ini dilakukan Kementerian Pariwisata RI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyambut penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018 yang akan berlangsung mulai 18 Agustus 2018 mendatang di Jakarta dan Palembang. Selain, dipasang pada 64 armada bus Transjakarta, branding Wonderful Indonesia juga dipasang pada 20 bus Damri dan 16 bus Big Bird yang melayani transportasi shuttle dari sejumlah titik di Jakarta menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, total branding ‘Wonderful Indonesia’ ini disematkan pada 100 buah bus dan di tahap awal dipasang di 25 bus. Launching branding bus ‘Wonderful Indonesia’ ini sudah dilakukan beberapa hari lalu di kawasan Monas, Rabu (25/7/2018) lalu. Menurut Arief Yahya, Indonesia bisa memanfaatkan momentum Asian Games untuk lebih memperkenalkan destinasi wisata Tanah Air kepada ribuan tamu atlet dan ofisial dari puluhan negara Asia yang akan tiba di Jakarta untuk bertanding di berbagai cabang olahraga.

Ketua II Co-Branding Kemenpar yang juga Tenaga Ahli Bidang Manajemen Strategis Kementerian Pariwisata Priyantono Rudito mengatakan, branding Wonderful Indonesia semacam ini bisa menjadi endorser bagi sejumlah sektor ekonomi di Indonesia seperti sektor pariwisata, perdagangan dan investasi.

Destinasi wisata yang ditampilkan pada branding ‘Wonderful Indonesia’ di badan bus Transjakarta, Damri dan Big Bird shuttle bandara adalah daya tarik wisata budaya, wisata alam dan destinasi wisata buatan. Hadirnya armada bus tersebut sebagai salah satu upaya nyata co-branding yang dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggandeng tiga penyedia transportasi bus yaitu Transjakarta, DAMRI Airport Bus, dan Blue Bird Shuttle.

Arief Yahya menjelaskan, peluncuran bus WAG sekaligus menetapkan ketiga mitra tersebut sebagai Service Ambassador Wonderful Asian Games, karena para pengemudi dan awak bus langsung bersentuhan dengan para atlet dan tamu Asian Games lainnya selama di Indonesia. Arief Yahya mengatakan, branding ‘Wonderful Indonesia’ saat ini makin dikenal dunia internasional. Terbukti, di tahun 2015 Wonderful Indonesia berada di ranking ke-47 dunia mengalahkan branding Truly Asia dari Pemerintah Malaysia yang berada di ranking 96 dan Amazing Thailand dari Pemerintah Thailand di ranking 83. Tahun ini Pemerintah RI menargetkan bisa meraih 17 juta wisataan mancanegara ke Indonesia dan naik menjadi 20 juta wisatawan manca di tahun depan.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan