Busworld South East Asia, Ajang Pameran Bus Dunia yang Akan Diselenggarakan di Indonesia

”Saya yakin bahwa bus dan pasar bus Indonesia siap untuk bus profesional khusus dan hanya pameran dan konferensi coach. Meskipun industri bus dan truk mungkin terhubung melalui teknologi serupa, pasar benar-benar berbeda. Industri bus dan coach layak mendapatkan pendekatan target yang terpisah. Bersama dengan GEM Indonesia, kami akan mewujudkannya! ”.

MobilKomersial.com — Pameran dan kongres Busworld South East Asia akan berlangsung dari tanggal 20 – 22 Maret 2019 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta. Lokasi ini adalah tempat yang sempurna untuk pameran internasional seperti Busworld. Dengan pameran baru ini, Busworld jadi memiliki delapan pameran di seluruh dunia: Eropa (Belgia), Turki, India, Rusia, Amerika Latin (Kolombia), Asia (Cina), Asia Tengah (Kazakhstan) dan terakhir namun tidak kalah Asia Tenggara ( Indonesia).

Busworld memutuskan untuk menyelenggarakan pameran baru di Indonesia karena pasar bus dan coach yang menjanjikan di Indonesia serta di negara-negara tetangganya. Pameran ini diselenggarakan bersama dengan Global Expo Management (GEM), yang telah memiliki pengalaman menyeluruh dengan organisasi pameran dan industri kendaraan komersial.

Indonesia memiliki populasi 260 juta orang (40% dari populasi ASEAN) yang tersebar di 34 provinsi dengan 415 distrik. Karena kemacetan lalu lintas oleh mobil, pemerintah Indonesia terus meningkatkan sistem transportasi umum dengan misalnya sistem Bus Rapid Transit di Jakarta, Yogyakarta, Solo dan provinsi lainnya. Kementerian Perhubungan Indonesia telah merencanakan untuk pengadaan 3.000 bus sistem BRT baru di 34 provinsi pada tahun 2019.

Baca juga : Ajang Busworld India Bengaluru Akan Digelar di Bangalore International Exhibition Centre

Di samping ini, armada bus saat ini sudah tua dan perlu diperbarui. Kementerian Perhubungan sedang dalam proses mengatur usia maksimum: untuk bus usia maksimum adalah 25 tahun dan untuk coach pariwisata 10 tahun. Menurut catatan polisi ada lebih dari 500.000 unit bus yang beroperasi di jalan dengan 35% dari mereka berusia di atas 20 tahun. Ini berarti bahwa Indonesia akan membutuhkan 175.000 unit bus baru di tahun-tahun mendatang.

Indonesia juga bertujuan untuk mencapai 20 juta pengunjung pada akhir 2019. Sepuluh tujuan baru sudah siap sekarang. Untuk melayani jumlah pengunjung yang lebih besar ini, perkiraan mengatakan ada kebutuhan untuk 5.000 coach baru pada 2019. Coach pariwisata adalah hal besar berikutnya di Indonesia. Sejak 2016 operator coach juga mulai memperkenalkan coach bertingkat.

Tak perlu dikatakan bahwa Indonesia adalah tempat yang sempurna untuk menyelenggarakan pameran Busworld. Didier Ramoudt, Presiden dari Busworld International sangat yakin tentang lokasi ini: ”Saya yakin bahwa bus dan pasar bus Indonesia siap untuk bus profesional khusus dan hanya pameran dan konferensi coach. Meskipun industri bus dan truk mungkin terhubung melalui teknologi serupa, pasar benar-benar berbeda. Industri bus dan coach layak mendapatkan pendekatan target yang terpisah. Bersama dengan GEM Indonesia, kami akan mewujudkannya! ”.

Pameran ini didukung oleh IPOMI, asosiasi operator bus muda Indonesia dan ASKARINDO, asosiasi karoseri Indonesia.

Tinggalkan Balasan