Dibalik Cepatnya Mobil Sportcar Ferrari 488 Pista

Dibalik Cepatnya Mobil Sportcar Ferrari 488 Pista

Dibalik Cepatnya Mobil Sportcar Ferrari 488 Pista

 

MobilKomersial.com- Ferrari 488 Pista ditenagai mesin V8 paling kuat dalam sejarah Maranello dan merupakan mobil sport seri khusus dari Ferrari dengan tingkat adopsi teknologi dari dunia balap yang tertinggi. Namanya bahkan mempunyai arti “lintasan balap” dalam bahasa Itali, dipilih secara khusus sebagai bukti kiprah Ferrari dalam motorsport yang tak tertandingi.

MESIN

Ferrari 488 Pista dapat menghasilkan tenaga 720 cv pada putaran 8.000 rpm, menghasilkan tenaga tertinggi di kelasnya pada 185 cv/l, dan torsi yang lebih tinggi pada tiap tingkat putaran mesin, puncaknya mencapai 770 Nm (10 Nm lebih dari 488 GT). Menjadikannya sebagai mesin V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari.

Kenaikan 50 cv dibandingkan mesin 488 GTB juga merupakan lompatan terbesar yang pernah dicapai dalam kekuatan mesin untuk mobil seri spesial Ferrari dan tambahan 115 cv yang luar biasa dibandingkan model sebelumnya, Speciale 458. Singkatnya, V8 ini merupakan standard baru tidak hanya untuk mensin turbo-charged, tapi juga untuk semua jenis mesin.

Ferrari 488 Pista juga memanfaatkan sepenuhnya fitur baru yang dikembangkan untuk 488 Challenge, bukan hanya tata letak saluran udara mesin dengan memindahkan intake dari flank ke spoiler belakang di mana mereka terhubung langsung ke plenum. Hal ini secara drastis mengurangi hilangnya fluid-dynamic dan memastikan udara lebih banyak dan lebih bersih ke mesin, sehingga berkontribusi pada peningkatan daya.

AERODYNAMICS

Didasari pada sebuah konsep yang fokus pada inovasi tanpa kompromi memungkinkan kebebasan rekayasa yang cukup besar dalam mengembangkan solusi yang signifikan. Efisiensi aerodinamis yang sudah luar biasa dari GTB 488 telah meningkat sebesar 20%, dengan manfaat utama dalam hal kecepatan absolut dan waktu putaran pada jalur cepat menengah serta pengalaman menyenangkan di belakang kemudi.

Penempatan radiator depan pun didesain ulang sepenuhnya untuk meminimalkan gangguan yang disebabkan oleh lapisan batas termal, yang dihasilkan oleh aliran udara panas yang keluar dari radiator depan, dengan aliran udara masuk ke intake intercooler.
Seperti pada 488 Challenge, kisi-kisi radiator dibuat terbalik dan sekarang lebih condong ke arah belakang untuk mengarahkan udara panas ke bagian bawah bodi mobil di depan roda depan. Perubahan ini menghasilkan, di satu sisi, peningkatan 10% dalam kinerja intercooler belakang, dan, di lain pihak, manfaat aerodinamis tambahan:  fairing virtual pada area ban yang terpapar mengurangi hambatan mobil sebesar 7%.Dibalik Cepatnya Mobil Sportcar Ferrari 488 Pista

Tinggalkan Balasan