Dishub Kota Semarang Akan Menutup Terminal Terboyo, Bagaimana Nasib Bus AKAP?

terminal terboyo akan ditutup mulai awal september (foto Tribunnews)

Semarang, MobilKomersial.com – Dinas Perhubungan Kota Semarang akan menutup Terminal Terboyo mulai Sabtu (1/9/2018). Hal tersebut dilakukan dalam rangka pembangunan dan perubahan fungsi menjadi fasilitas parkir angkutan barang Terboyo.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, M Khadik mengatakan, seluruh armada di Terminal Terboyo akan dipindahkan sementara ke terminal lain. “Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) akan dialihkan sepenuhnya ke Terminal Mangkang. Sementara, bus antar kota dalam provinsi (AKDP) akan dipindahkan ke Terminal Penggaron. Sedangkan, angkot dan BRT nanti akan kami pindahkan ke Terminal Pasar Banjardowo,” pungkasnya.

Dengan akan ditutupnya Terminal Terboyo dan pemindahan armada ke Terminal Penggaron dan Mangkang, beberapa kalangan banyak yang merasa keberatan dengan keputusan tersebut.

Salah satunya yaitu seorang sopir bus Adimulyo Tegal-Semarang, Ranoto, yang mengatakan pemindahan ke Terminal Penggaron maupun ke Terminal Mangkang sangat memberatkan bagi para sopir bus. Pasalnya, hal tersebut dapat mengurangi pendapatan mereka.

“Sekarang di sini saja sepi sudah kalah dengan kereta. Apalagi kalau nanti AKDP dan AKAP disendirikan. Pendapatan kami bisa menurun drastis. Tidak bisa menutup setoran,” ucap Ranoto, dikutiip TribunJateng, Selasa (28/8/2018).

Menurutnya, Terminal Terboyo merupakan tempat yang strategis dan bisa menjangkau banyak sasaran seperti anak sekolah, anak kuliah, pekerja, pegawai, dan para penumpang yang transit dari arah Surabaya.

Tinggalkan Balasan