Ini Dia Bus Apron Terbaru Tipe Lower Deck untuk Bandara Soekarno-Hatta

Bus Apron Terbaru

Jakarta, MobilKomersial.com – Perusahaan jasa layanan di bandara, PT Jasa Angkasa Semesta Airport Services, baru-baru ini meluncurkan lima unit bus apron terbaru untuk dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten.

Berbeda dengan bus-bus apron biasanya yang merupakan rakitan karoseri lokal yang sebenarnya menggunakan sasis tipe ladder frame yang dipotong dan dimodifikasi, lima bus apron terbaru JAS Airport Services ini benar-benar bus apron yang 100 persen dirancang sebagai bus lower deck dengan bodi kabin monokok sejak proses pembuatannya seperti biasa kita jumlah di sejumlah bandara internasional di luar negeri.

Bus-bus ini mulai dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta sejak Kamis, 9 Agustus 2018 lalu. Masuk ke kabin bus buatan Yutong, China tersebut, penumpang akan merasakan ruang kabin yang ekstra lapang, ekstra panjang dan ekstra lebar. Ini karena badan bus ini dirancang lebih lebar dari biasanya. Sejak kabin di dek depan sampai belakang tidak ada perbedaan tinggi lantai, kecuali area kompartemen mesin dan roda. Bus ini mengakomodir 105 penumpang duduk dan penumpang berdiri dalam sekali jalan.

Bus ini juga dilengkapi dengan delapan pintu akses naik dan turun dan dilengkapi pula dengan kamera CCTV. Kaki-kaki bus ini menggunakan air suspension yang bisa distel ketinggian lantai kabinnya dari permukaan aspal untuk memudahkan penumpang lansia dan penyandang disabilitas untuk naik dan turun.

Adji Gunawan, Direktur Utama JAS Airport Services mengatakan, lima bus apron terbaru ini dihadirkan guna memenuhi ketentuan Dirjen Perhubungan Udara KP 635 tahun 2015 tentang standar peralatan penunjang pelayanan darat pesawat udara atau ground support equipment (GSE) dan kendaraan operasional yang beroperasi di sisi udara. Pengoperasian lima bus ini juga sekaligus menyambut para tamu dari berbagai negara di penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018 yang resmi dibuka Sabtu malam, 18 Agustus 2018.

Penulis: Ariefandi

Tinggalkan Balasan